Tag

, , , , , , , ,

Kami ada keperluan untuk mengunjungi orang tua yang sudah 5 bulan belum kami jenguk, biasanya 2-3 bulan, karena adanya pandemi Covid-19. Bulan-bulan lalu masih sangat ketat, tiap batas propinsi ada check point. Karena orang tua di Jawa Timur, kami yang tinggal di Yogyakarta harus melalui check point DIY-Jawa Tengah dan Jawa Tengah-Jawa Timur dengan banyak surat menyurat yang harus diurus, apalagi pemerintah juga melarang mudik.

Kini di masa #NewNormal check point tersebut sudah tidak ada, namun karena mengunjungi orang tua yang sudah lansia dan ada keponakan yang masih bayi, maka atas kesadaran diri, kami melakukan rapid test Covid-19 untuk memastikan kesehatan kami sebelum mengunjungi keluarga. Dan kegiatan pertama tentunya mencari laboratorium yang menyediakan rapid test.

Di Yogyakarta ada beberapa tempat, antara lain klinik IDI, PKU Muhammadiyah dengan tarif 280 ribu. RS. Bethesda dan RSUD Sardjito diatas 300 ribuan. Bahkan untuk tes SWAB PCR tarifnya 2 juta. Kalau mau praktis bisa dibeli di aplikasi Traveloka, tinggal datang sesuai hari dan waktu yang sudah kita pilih.

Rapid test termurah di Traveloka

Karena beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan membatasi tarif rapid test covid-19 sebesar Rp 150 ribu, saya lalu mencari informasi di internet dimana instansi yang menyediakan rapid test seharga itu. Ketemulah berita kalau penumpang di bandara Minangkabau Padang bayar 150 ribu untuk rapid test Covid-19 yang diselenggarakan lab Kimia Farma. Saya buka IG Kimia Farma, dapat nomor kontak di link ini : https://linktr.ee/labkimiafarma, lalu saya klik lab KF Adisucipto/Jl Solo seberang Amplaz Yogyakarta untuk bertanya. Hasilnya di sana ada rapid test Covid-19 seharga 150 ribu, termasuk surat keterangan sehat jika hasil test negatif. Rencana dalam minggu ini test ke sana.

Chat dengan lab KF Adisucipto Yogyakarta

Daftar Lab Kimia Farma di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur yang mengadakan rapid tes Covid-19 :

Kamis, 30 Juli 2020

Siang ini saya dan adik rapid test Covid-19 di lab Kimia Farma jalan Adisucipto Yogyakarta jam 1. Parkir luas, memadai untuk mobil dan motor. Lalu menuju resepsionis untuk melakukan pendaftaran. Kami diminta EKTP untuk diinputkan data dan bayar Rp 150.000,-. Kami tunggu panggilan pengambilan sampel darah sekitar 5 menit.

Pengambilan darah seperti kalau kita donor darah, pakai jarum baru/segel yang dimasukkan lewat nadi lengan kanan, tapi darah yang diperlukan sedikit. Setelah itu kami tunggu hasilnya sekitar 15 menit. Ada estimasi pengujian sampel akan selesai. Alhamdulillah hasilnya Non Reaktif, aman buat kami bepergian ke orang tua besok.

Untuk siang hari, alokasikan waktu 1 jam untuk rapid test. Dalam satu jam kami di sana, ada 8 pasien yang dilayani, kelihatannya semua pasien melakukan rapid test Covid-10 ini karena akan bepergian keluar kota.

hasil rapid test

Untuk penumpang maskapai Lion dan Air Asia ada rapid test seharga Rp 95 ribu, penumpang kereta api Rp 85 ribu. Untuk Citilink dan Garuda Indonesia bisa gratis ataupun refund biaya rapid test sebesar Rp 150 ribu. Informasi selengkapnya bisa didapat di web/twitter/IG masing-masing. Berikut beberapa flyer dari moda transportasi.