Menginap di Bandara Changi Singapura

<meta name=’B-verify’ content=’88a7747223c014c08aa5e82eb0141db0c1661c50′ />

Terkadang untuk perjalanan ke  beberapa negara, kita perlu transit di Singapura yang rute nya lebih banyak daripada melalui Jakarta, dan biasanya pesawat berangkat tengah malam atau dini hari dari Singapura. Selain menginap di hotel bandara, ada alternatif lain yang jauh lebih hemat yaitu menginap di bandara.

Pengalaman minggu lalu ketika pesawat mendarat di Changi sudah mendekati jam 1 malam, ternyata masih ramai dan masih banyak pesawat yang baru mendarat. Untuk mengusir kejenuhan kita bisa main antar terminal yang dilayani Skytrain secara gratis. Hanya perlu diingat pelayanan skytrain hanya sampai jam 2.30 pagi. Dan melayani lagi mulai jam 5 pagi. Untuk itu pastikan jika check in jam 4 pagi dan pesawat berangkat jam 6 pagi, anda sudah diterminal check in sebelum jam 2.30. Dan jika sudah sampai di terminal check in, anda bisa tenang untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya yaitu tidur/istirahat.

Di tiap terminal memang disediakan tempat istirahat, contoh terminal 3 ada TV bermacam chanel dengan sofa yang lumayan empuk meski hanya bisa sambil duduk, terminal 1&2 ada kursi panjang tanpa sekat yang bisa dipakai untuk tidur, kalau lapar, ada kios yang buka 24 jam. namanya juga tempat darurat tentu tak senyaman tempat tidur normal. yang pasti bandara Changi punya banyak fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, seperti kursi pijat kaki Osim Uphoria. jangan kebablasan saja, bagaimanapun istirahat itu penting.
Pengalaman terupdate ketika tertidur sejak jam 1 pagi di sofa dekat sky tree terminal 1,jam 3 pagi didatangi 5 orang tentara Singapura lengkap dengan senjata apinya (tentara wajib militer kayanya,masih muda2). Ketua regunya minta rencana perjalanan dan berceramah bahwa menginap dibandara dilarang. Namun setelah dijelaskan kalau datang pesawat kemalaman sudah jam 11 malam lewat dan saya tunjukkan tiket balik yg tanggalnya keesokan harinya, dia bilang tidak apa2.yang dilarang sengaja menginap di Changi, misal datang masih siang dan ada jadwal MRT trus menginap di Changi dan tiket balik esok harinya atau beberapa hari kemudian, itu tidak boleh.
Kaget juga sih tiba2 dibangunkan tentara, tapi ga ada rasa takut sama sekali, karena tidak merasa bersalah. Ujung2nya ketua regu yang tadinya galak dan ngomong English wes ewes ewes jadi ngajak bercakap bahasa Melayu.
Yang jelas ada ratusan orang segala rupa segala bangsa dan di semua terminal 1-3 yang menginap/tertidur di situ malam itu dan kena razia, ada yang kelihatan kesal sekali dibangunkan dan diceramahi ada pula yang cuek balik tidur.
Bagaimanapun di negara orang, ya harus ikut dengan ketentuan negara tersebut. Pengalaman yang mengesankan.

88a7747223c014c08aa5e82eb0141db0c1661c50

48 thoughts on “Menginap di Bandara Changi Singapura”

  1. Mw tnya dong…minggu depan pertama terbang ke singapore..kalo dari singapore byar airport tax g bwt pulng kesini? Ada yg bilng g ada yg bilng iyaa mkanya bingung. Thx for the info. Pengalaman nginap di bandaranya kyaknya patut dicoba..hehe

  2. Hoo, jd beneran ngga bole ya tidur di Bandara Changi kalo sengaja utk ngehemat biaya hotel. Hmm hmm… Klo di mcD yg ada di dlm bandara gmn?

    • Mungkin bisa aja kalau tidurnya di rest room. Waktu itu kami tidur di sofa bawah sky tree dan kuda trojan dekat kafe dengan view pesawat jumbo jet, jadi tempat lalu lalang orang.Mc D terminal 2 ada di luar, setelah imigrasi.kayaknya lebih aman di situ karena di luar

      • Oh, jd yang disisir petugas itu cuma ruangan di dlm ya, yaitu para penumpang yg baru dtg dan belum dpt stempel/blm urus imigrasi masuk singapura.

      • Kayaknya begitu. Logikanya kalau baru turun pesawat/masih di dalam kan belum tentu lolos imigrasi Singapura. Siapa tahu masuk daftar cekal Singapura. Karena bagasi, MRT dan check in di luar imigrasi, sering lihat orang masih tidur di sekitar situ kalau berangkat pagi2.

      • Sip2, berarti aman tidur di area bandara asal udh lewat cek point imigrasi. Klo di McD kayaknya gk bs tdr rebahan ya, klo bangku2 di luar ada ngga sih yg tanpa sekat buat di tidur in, soale klo lantainya pasti udh gk berkarpet seperti di dalam ya.

      • Ya.lantai granit/ubin.atau coba di MC D.beli sepaket trus bablas tidur.haha

    • Mungkin bisa aja kalau tidurnya di rest room. Waktu itu kami tidur di sofa bawah sky tree dan kuda trojan dekat kafe dengan view pesawat jumbo jet, jadi tempat lalu lalang orang.Mc D terminal 2 ada setelah imigrasi.kayaknya lebih aman di situ karena meski dalam bangunan tapi dianggap di luar.pernah lihat bule tidur diantara eskalator ke MRT dan dinding, jam 7 masih lelap

  3. Ni Made Dwi Dharmiyanti said:

    Halo kak, saya dwi.
    Kak saya baru pertama kali mau ke singapore. Nah untuk balik ke indo maunya ambil flight jam 5 pagi. Nah kalo ke penginapan takut telat, tapi kalo sewa hotel airport mahal. Nah itu kira2 dibolehin gak ya buat nginep di bandara?

    Makasih banyak

    • Kemungkinan boleh saja, yang penting bawa tiket dan paspor. Dulu saat kena cek jam 1 malam di dalam terminal, saya tunjukkan bahwa pulang siang hari itu juga, gak apa2, yg gak boleh klo pulang esok lusa. Klo di sekitaran tempat check in (dianggap di luar terminal) kayaknya ga ada pemeriksaan, banyak yg tiduran di situ, yg penting jaga diri dan barang berharga saja, karena di sana banyak orang berbagai bangsa.

  4. halo kak, mw nanya kalau pd saat transit dan wktu penerbangan berikutnya masih lama, boleh ga ya keluar bandara main2 di kota singapore laluu masuk lagi ke bandara utk nginep?thx before😀

  5. Kak mau tanya, keberangkatan saya jam 6 pagi dan saya mau kebandara dr malam nya karenha untuk menghemat biaya hotel juga. Boleh atau vak ya saya tidur di bandara dalam keadaan saya belum check in? Makasih

  6. Kak mau nanya saya kan nanti dateng k bandara jam set 2 pagi kl k hostel Jam segitu kan MRT blm ada .. Bisa ga ya nunggu nyampe pagi di bandara setelah keluar imigrasi ?

    • Bisa saja, banyak juga kok yg nunggu pagi di bandara, tapi enaknya klo di terminal 2 beli dan duduk2 di Mc D, ada free wifi, klo ketiduran juga ga dibangunin. Yg penting jaga diri dan barang bawaan saja. Nunggu di dalam( snooze room) kayaknya juga aman, karena memang khusus buat tidur. Saya belum mencoba kalau snooze room. Pas mendarat, cari saja panduan u tahu tempat itu, toilet, taman, surau dan fasilitas lainnya.

  7. salam, saya mau tanya.. saya akan transit di singapura jam 00.00 – 08.00, berarti kan saya pasti menginap di bandara.. ada usul tidak tempat nyaman di terminal 3 yang bisa untuk istirahat tidur sejenak? terimakasih sebelumnya.

  8. ka sy mau nanya kalo pesawat brangkat jam 9pagi dan sy pikir malamnya mau tidur dibandara aja biar hemat boleh ngak ya

    • Untuk masuk ruang tunggu di dalam yg lengkap fasilitasny harus bawa boarding pass mas-sudah check in, dan di cek di imigrasi. Klo masih jauh dari jam keberangkatan sebaiknya nunggu di luar sih (sekitar tempat check in banyak fast food 24 jam). Kalau mau masuk ke dalam, ehm bisa dicoba🙂

  9. hai kak, mau tanya, kami sekeluarga akan pergi ke hkg dan transit di spore 15 jam . kami sampai jam 2 siang dan berangkat lagi jam 6 ( check in jam 3 ). apakah tidak masalah kami keliling spore sampai malam lalu balik lagi malam dan bermalam di bandara ?

    • Boleh aja keluar dan jalan2 seharian, malam baru balik Changi, kalau sudah ada boarding pas Singapura Hongkong tinggal masuk dan menunggu di dalam terminal, kalau belum check in dulu, baru masuk, kalau check innya baru boleh besok nya, nunggu di dekat tempat check in sebelum imigrasi. Meski di luar (sebelum imigrasi) tempatnya ada di dalam gedung, dingin tapi tak sedingin di dalam (setelah imigrasi). Ada Mc D, Burger King dll di situ.

  10. miasutanti said:

    mas…saya mau ke swiss pake oman air lewat singapura,pesawat berangkat tgl 29 mei 2016 jam 7.30 pagi waktu singapur dr terminal 3, saya berangkat dari jakarta tgl 28 mei 2016 pakai jetstar nyampe jam 13.00,krn saya bawa orang tua dan anak umur 7 tahun,menurut mas saya nginap di transit hotel yang ada di terminal 3 ambassador transit hotel atau bagaimana?

  11. Hai kak..
    mohon info rencananya saya pulang dr Manila akan transit di Sin, sampai di changi jam9 pagi, dan keesokannya pesawat jam8 pagi. bisakah saya kluar tuk jalan2 di Sin dan skitar jam11 malam baru balik lagi ke Bandara untuk menunggu ke berangkatan esok harinya jam 8 pagi ? Terima kasih🙂

  12. kak, pesawat saya sampe sana jam setengah satu malam,, kira2 lebih aman tidur dimana yaa?? mohon pencerahannya

    • Kalau sudah tengah malam lebih baik menunggu di snooze room di dalam terminal, siapkan saja paspor dan tiket pulang buat jaga2 kalau ada pemeriksaan. Kalau ditanya bilang saja menunggu pagi karena pesawat baru mendarat. Dulu pernah tidur di snooze room dekat taman bermain yg ada pohon bambu dalam terminal 2, sampai pagi tidak ada pemeriksaan, tapi pas tidur dekat sky tree terminal 1 ada pemeriksaan. Jangan tidur di praying room, dingin dan mungkin akan mengganggu orang yang mau ibadah.

  13. kak.. klo pesawt singPore ke jakarta jam 9 pagi.. sy ke bandara changinya jam 8 malam… apa boleh nginap d banadara changi?

  14. Ce mau tanya
    Kalau dari Hong Kong trsnsit di Singapura
    Katanya sih tidur dibsndara
    Trus bagaimana dengan bagasi kita….apa ikut ke Singapura apa langsung dijuanda nanti

    • Tergantung tiket yg dibeli. Kalau satu kode booking (transit) full service macam Garuda, Singapore atau Cathay bagasi tinggal ambil di tujuan akhir (Surabaya), tapi kalau low cost macam Tiger, Jetstar, Air Asia harus beli connect supaya bagasi sampai Surabaya, kalau tidak harus keluar imigrasi dulu, baru ambil bagasi, check in, masuk imigrasi lagi baru masuk ruang tunggu/istirahat di dalam bandara

  15. halooo, ak mau nnya dong hehe ak kan glight jkt – taipei, tapi transit di sg, sampe sg siang jem 12 gtu, kalo ak mau kuar ke sg dlu, trus malemnya balik ke airport lagi karena flight lanjutan ak jem 8 pagi, ak bsa check in ke airside nya lagi dari malem ga? thx before

    • Kalau bisa tidur lelap di bandara sih gpp. Klo ga,sebaiknya nginap di hotel/hostel. Jam 5 naik MRT lagi ke Changi. Takutnya karena kurang tidur, ntar bisa disorientasi di Taipei nya. Kalau bisa atur sendiri supaya cukup istirahat saya rasa tak masalah.

  16. mohammadnafilaalfa said:

    Kak spot di terminal 1 yg bida buat tidur mana ya? Sebelum imigrasi.
    Atau kalo ada juga lokasi fastfood, McD, atau semacamnya yg bisa buat tidur. Yg sblm imigrasi.
    Akhir bulan mau ke Singapore, nympe sana jam 9 malem

  17. ka permisi numpang tanya saya kedua kali nya ke sg dan baru pertama kali dapet pesawat pagi karena resecdule jadi jam 8.10 keberangkat from singapore to jakarta boleh tidak saya menginap di bandara changi saya datang ke bandara jam 12.00 malam belum check in apakah saya akan di usir oleh petugas bandara disana ?

    • Saya rasa boleh saja, apalagi dengan rentang waktu 8 jam sebelum berangkat. Tidak ada pemeriksaan sebelum masuk imigrasi, check in buka jam 4 pagi, sambil nunggu buka bisa duduk2 atau ngopi di Mc D/Burger King/KFC, atau beristirahat. Biasanya yang terbang pagi sekali sudah bermalam di bandara, kalau dari kota naik taksi ke Changi larut malam biasanya ada tambahan charge 50% karena termasuk jam malam. Jadi, datang lebih awal (kereta terakhir sebelum MRT dari kota berhenti beroperasi-malam hari) adalah alternatif yang efektif dan efisien. Jangan lupa bawa jaket hangat, AC Changi dingin.

  18. Jadi beneren boleh ya untuk menunggu di dlm changi hanya selama 5 jam
    karna pesatnya flightnya sangat pagi jam 6 sedangkan mrt buka nya jam 5 pagi??
    mhon infonya ya makasih bnyk

  19. oppie joesoef said:

    saya sampai di sing sekitar jam 1 dini hari dan rencananya mau stay di bandara dulu sampai pagi, apa ada tempat mandi di bandara nya

  20. Ka permisi mau tanya ,saya dari jakarta ke kualalumpur menggunakan tiger air dan transit di singapore dr jam 10 malam hingga 8 pagi keesokan harinya. Tapi tiket saya bukan connecting flight karna tidak menggunakan tigerconnect. Pertanyaannya, apakah saya bisa menunggu di transit area walaupun belum pegang boarding pass ke penerbangan selanjutnya.?jadi keesokan paginya baru keluar dr imigrasi dan cek in ulang. Bisa gitu ga ka?
    Makasih kak.

    • Bisa, check-in paling pagi baru buka jam 4. Kalau ada pemeriksaan (kadang-kadang) tunjukkan paspor dan e-tiket yang menunjukkan bahwa di bandara tidak lebih dari 24 jam. Kalau 10 jam sepertinya masih masuk akal. Kalau ditanya kasih penjelasan tiba terlalu malam dan harus segera berangkat lagi pagi2. Pernah mengalami razia, pada intinya mereka tidak mau ada yang sengaja menginap di bandara, misalnya pas razia hari ini, trus tiket keberangkatan lusa, maka harus punya bukti booking hotel buat besok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s