Tag

, , , , , ,

Bisa dikatakan begitu untuk menggambarkan perbandingan harga emas dengan kambing saat ini. Bisa dikatakan emas terlalu mahal atau kambing kurban terlalu murah untuk saat ini.

Idul Adha 1441 H insyaAllah seminggu lagi, bagi yang mampu diwajibkan kurban seekor kambing layak kurban atau 1/7 sapi. Biasanya sebagai tolok ukur harga hewan kurban/kambing adalah 1 dinar = 4,25 gram emas sebagai acuan sepanjang masa mulai dari zaman nabi Muhammad SAW. Kalau dirupiahkan dengan harga buyback emas saat ini (Rp 884.000/gram) maka harga seekor kambing = Rp 3.757.000.

Dibeberapa tempat ada yang jual kambing ettawa untuk kurban Rp 3.000.000/ekor, ada juga 1/7 sapi Rp 2.500.000. Sedangkan untuk kurban online ada yang jual Rp 1.490.000. Sangat jauh dibawah harga normal hewan kurban = 1 dinar yang sudah berlaku beratus-ratus tahun.

Ini menandakan harga emas terlalu tinggi atau harga kambing/bahan pangan terlalu rendah. Jika emas naik terus atau paling tidak stabil, saya perkirakan harga kambing/bahan pangan akan meningkat sampai titik keseimbangan 1 hewan kurban = 1 dinar. Harga kambing murah kemungkinan karena peternak butuh uang dan kurang peminat, sementara peminat/pekurban berkurang mungkin karena kena PHK/krisis sehingga dana dipakai untuk keperluan hidup sendiri. Wallahualam.

Yang jelas emas bukan sarana spekulasi mencari kekayaan. Lebih tepat sebagai hedging/lindung nilai, agar kekayaan tidak tererosi oleh inflasi. Dan lebih likuid beli emas LM 5 daripada dinar, karena butik Antam yang ada di banyak kota hanya menerima /buyback LM produknya. Memudahkan saat memerlukan pencairannya.

kumpulan kambing etawa credit:hobiternak.com
emas 5 gram