Pesan Makanan Minuman Kereta Api


Pemesanan bisa dilakukan di aplikasi KAI Access sebelum keberangkatan dan selama perjalanan. Untuk antisipasi ketersediaan, sebaiknya dipesan jauh hari sebelum keberangkatan. Banyak menu yang disajikan, baik yang umum di setiap kereta seperti mie cup, nasi goreng maupun yang khusus yang dinaikkan dari stasiun besar tertentu seperti gudeg Jogja, selad Solo, mendoan Purwokerto dll. Jika ganti kereta, harus diinfokan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan, kalau tidak, tidak dijamin sampai. Kalau batal, tidak dikembalikan.

Berikut syarat ketentuan lengkap pesan makanan minuman di kereta api

Ringkasan Ketentuan RailFood

  1. Apa itu RailFood

RailFood adalah layanan pemesanan makanan dan minuman yang terintegrasi dengan aplikasi Access by KAI. Makanan bisa dipesan sebelum atau selama perjalanan kereta.

  1. Jenis makanan yang tersedia

Ada dua kategori:

Menu makanan/minuman khas kereta api (restorasi).

Kuliner khas daerah dari stasiun yang dilewati.

Untuk kuliner khas daerah, bisa ada tambahan ongkos kirim.

  1. Syarat menggunakan RailFood

Berlaku untuk kereta api jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera.

Wajib memiliki kode booking tiket kereta.

  1. Batas waktu pemesanan

Kuliner khas daerah:

Harus dipesan maksimal 3 jam sebelum kereta tiba di stasiun penyedia makanan.

Contoh: Nasi Gudeg tersedia di Stasiun Yogyakarta. Pesanan harus dilakukan paling lambat 3 jam sebelum kereta tiba di Yogyakarta.

Menu restorasi kereta:

Bisa dipesan maksimal 23 jam sebelum keberangkatan.

Atau bisa langsung dipesan saat perjalanan berlangsung.

Catatan: Jam layanan kuliner daerah mengikuti jam operasional outlet/restoran yang bekerja sama dengan KAI Services.

  1. Pesanan tidak bisa dibatalkan

Setelah memesan makanan/minuman melalui RailFood:

Tidak dapat dibatalkan.

Jadi perlu memastikan pilihan makanan, jumlah, dan jadwal perjalanan sebelum membayar.

  1. Jika jadwal kereta berubah (reschedule)

Ini poin yang sangat penting:

Pesanan RailFood tidak otomatis mengikuti jadwal keberangkatan yang baru.

Jika tiket kereta di-reschedule, Anda wajib menghubungi:

WhatsApp Center KAI Services: 08111-000-612

WhatsApp Center lainnya: 08111-450-207

Batas konfirmasi adalah paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan baru.

Jika tidak melakukan konfirmasi sampai batas waktu tersebut:

Pesanan RailFood dianggap hangus.

Tidak bisa refund.


Poin paling penting secara praktis

Situasi Aturan

Pesan makanan khas daerah Minimal 3 jam sebelum tiba di stasiun
Pesan makanan restorasi Bisa sampai 23 jam sebelum berangkat atau saat di kereta
Pesanan sudah dibuat Tidak bisa dibatalkan
Tiket di-reschedule RailFood tidak otomatis ikut jadwal baru
Setelah reschedule Wajib hubungi KAI Services
Tidak konfirmasi Pesanan hangus
Refund pesanan hangus Tidak bisa

Kesimpulan untuk Anda

Kalau Anda naik kereta seperti Malioboro Ekspres, poin yang paling relevan adalah: makanan restorasi relatif fleksibel karena masih bisa dipesan saat perjalanan, tetapi kalau ingin memesan kuliner khas daerah tertentu (misalnya Gudeg Jogja), jangan terlalu mepetโ€”pesan minimal 3 jam sebelum kereta tiba di stasiun tersebut.

Dan yang paling berisiko: jangan reschedule tiket tanpa mengurus pesanan RailFood, karena pesanan makanan tidak otomatis ikut jadwal baru.

Pengalaman Klaim Asuransi Jaminan Refund Tiket Kereta Api

Tag

, , , , , , , , , , , , , ,


Kali ini saya berbagi pengalaman menggunakan asuransi pembelian tiket kereta api, yang preminya terjangkau, namun manfaatnya sepadan. Saya beli tiket Kahuripan 2 orang sebesar Rp 160 ribu (80 ribu/orang) langsung di aplikasi KAI Access. Saya tambahkan asuransi jaminan refund MNC yang preminya sekitar 4% (6500 Rupiah) dari harga tiket. Total tiket + asuransi jaminan refund jadi Rp 166.500.

Tiket dan asuransi dikirim dalam email terpisah. Karena ada perubahan rencana, malam ada acara, dan jadwal kereta Kahuripan ini pukul 6.30 pagi, kami putuskan beli kereta lain yang lebih siang. Maka 5 hari lalu kami batalkan tiket Kahuripan ini. Uang yang kembali 75% untuk pembatalan hingga 1 jam sebelum keberangkatan, kalau kurang 1 jam hangus. Pembatalan langsung di aplikasi KAI Access. Isi nama dan rekening penumpang, harus sesuai dengan yang booking. Kalau tidak sesuai harus ada surat kuasa bermaterai.

Karena sudah beli asuransi jaminan refund, 25% yang tidak dikembalikan KAI ini bisa saya minta ke asuransi dengan keterangan pembatalan karena alasan apapun, di link yang mereka kasih waktu kita beli asuransi beriringan dengan tiket dulu.

Data yang diperlukan waktu klaim antara lain nama penumpang, nama bank, nomor rekening, scan KTP, bukti pemesanan tiket, bukti pembatalan tiket masing-masing penumpang, jadi misal booking atas nama A&B. A (yang booking) punya rekening BRI, B punya rekening Mandiri, pengembaliannya akan ke masing-masing rekening.

Tidak seperti pengembalian tiket yang bisa ke rekening A (yang booking) saja. Cair dari asuransi ini cuma dalam 3 hari. Klaim hari Minggu, Rabu sudah cair, sedangkan pengembalian dari KAI ini baru hari Jumat cair (5 hari) setelah pembatalan. Tapi keduanya masih dalam rentang estimasi pengembalian yang tertulis sekitar 7 hari kerja.

Pengembalian di BRI

Beli asuransi jaminan refund ini juga bisa dibeli setelah punya tiket. Kalau ada rencana perubahan/pembatalan perjalanan bisa beli asuransi ini. Karena selain batal juga ada jaminan dapat uang 150 ribu/orang kalau kereta terlambat lebih dari 2 jam. Dengan premi 4% bisa menghilangkan resiko 25% uang hangus karena pembatalan. Jadi masih selamat sekitar 21% dengan membeli asuransi jaminan refund kereta api.

Sepadan untuk dibeli.

Perbandingan Tarif Taksi Online Di Yogyakarta


Pagi ini saya mensimulasikan perbandingan Tarif taksi online di Yogyakarta untuk operator Blue Bird, Gocar dan GrabCar di masing-masing aplikasi mereka untuk rute sekitar SDIT Salsabila 3 Banguntapan Gedongkuning ke pintu timur stasiun Tugu Yogyakarta berjarak 7 km menggunakan pembayaran menggunakan kupon kartu kredit visa didapat tarif termurahnya sebagai berikut : Disini termurah terlihat di [โ€ฆ]

Perbandingan Tarif Taksi Online Di Yogyakarta

Indomaret Fun Run 2026 Jogja

Tag

, , , , , , ,


Hari ini saya mengambil race pack indomaret fun run 2026 chapter jogja di indomaret ringroad barat 99 yang ada di wilayah sleman. Cukup jauh dan berada di pinggiran kota Yogyakarta. Sepertinya sengaja diadakan di sini karena merupakan gudang indomaret dan pabrik roti mybread, brand private indomaret.

Pengambilan race pack ini sangat simpel. Bawa struk pembelian dan KTP waktu registrasi. Tidak harus sama persis, yang penting ada nama identik. Misal waktu daftar namanya Prasetyo, sedangkan nama di KTP Prasetyo Eko Purnomo, boleh, saja. Race pack kali ini simpel banget, cuma dapat kaos sesuai ukuran yang kita pesan beserta nomor BIB saja, nomor ini bisa kita cek di layar, dan bisa kita ganti namanya di tempat yang disediakan. Bisa foto-foto dan tanda tangan di papan besar dulu, Lalu pulang.

Untuk parkir mudah, mobil akan diarahkan masuk oleh beberapa orang satpam, jadi satu dengan parkir staf mereka. Jadi tidak usah khawatir buat yang bawa mobil. Yang bawa motor juga bisa parkir di depan toko indomaret rr99. Tempat pengambilan berada di tenda belakang toko sebelum pabrik mybread.

Untuk rute dan jadwal acara besok hari Ahad sebagai berikut :

Hari Ahad (penanggalan Jawa/Arab), 30 Agustus 2026 jam 5 pagi kami berangkat bawa mobil karena mau angkut goodie bag. Parkir di dalam lingkungan stadion, di sisi timur laut. Tarifnya jika hari biasa 3 ribu, hari ini karena ada event jadi 10 ribu, pakai karcis warna merah.

Dari parkir langsung menuju lokasi start. Sudah ribuan peserta memadatinya. Sambutan dan menyanyikan Indonesia Raya, kemudian pukul 5.30 start lari. Karena banyaknya peserta, kami baru keluar garis start 3 menit kemudian.

Lari sesuai rute, toko indomaret yang dilalui sudah buka, menyambut event ini. Masyarakat dan tamu hotel di sepanjang rute ini juga ikut menonton dan memberikan semangat. Di beberapa titik ada tim hore karyawan indomaret, dan satu titik depan istana Pakualaman ada water station.

Satu jam jalan plus lari, akhirnya kami sampai finish, dengan pace 10. Atau 5 km/jam. Di situ peserta langsung antri ambil medali, ambil roti my bread, le mineral dan power plus, dan terakhir goodie bag. Lalu ke lapangan dimana acara hiburan dan undian dilangsungkan.

Kami cari tempat duduk dulu, alhamdulillah dapat dekat booth indopaket. Satu kursi bergantian dengan istri. Sementara istri duduk, saya keliling beli telor ayam (38 ribu/2 kg), pisang cavendish Sunpride buy 1 get 1 free (27 ribu/12 buah), Quaker oat 50 ribu dapat cangkir dan topi, daftar klik indomaret dan transaksi beli 2 kopi baper 36 ribu dapat mangkok luminarc, daftar indopaket dapat toples kaca, beli rice bowl bergambar kartun beni mice 34 ribu/2 bowl. Kelapa utuh 8500, salak 9 ribu/kg. Sedangkan istri beli donat 6 biji 40 ribu. Tas kanvas timnas Indonesia 68 ribu/4 tas. Lumayan dari 49 ribu jadi 17 ribu per tas (diskon 32 ribu/tas). Karena saya bayar pakai QRIS BRImo, tiap belanja minimal 25 ribu dapat cashback 5 ribu (20%).

Acara menarik, instruktur zumba, penyanyi dan MC tampil maksimal, walaupun berpanas-panasan selama 3 jam (jam 7-10) terus terang tidak membosankan. Asupan vitamin D secara maksimal. Kemeriahan acara ini bisa dilihat di instagram indomaret dan peserta acara fun run.

Mencicipi The People’s Cafe Pakuwon Mall Yogyakarta

Tag

, , , , , , , , ,


Tadi malam kedatangan teman kuliah yang kerja di Papua, dan menginap di hotel Marriott yang ada di belakang Pakuwon Mall Jogja. Dia mengajak makan di mall. Ok lah, jarang-jarang ketemu, saya susul ke sana meski mall ini berjarak 7 km dari rumah. Pas adzan isya ternyata ringroad timur padat merayap, belok kiri ke babarsari, di UPN YK, lalu belok kiri ke ringroad utara langsung belok kiri ke Pakuwon Mall.

Meski weekday hari Rabu, mall ini ramai, saya kebagian parkir di basement 1, naik 1 lantai ketemu informa, menyusuri azko lalu naik lagi saya menunggu di lounge Pakuwon Mall Ground Floor. Di sini saya ketemu lalu cari restoran terdekat yang belum pernah saya kunjungi. Tak jauh dari lounge ada People’s Cafe grup Ismaya, satu kelolaan dengan Pizza Marzano dan kafe D’Journal yang juga ada di mall ini.

Menunggu di lounge Pakuwon Mall Jogja GF

Saat ini Ismaya mengelola F&B :Semaja
Fine dining Indonesia modern
SKYE:Rooftop restaurant & bar dengan panorama Jakarta
Cafรฉ Kissa:Japanese-inspired cafรฉ/dining
FLOR:Dessert & pastry
Markette:Modern casual dining
Osteria GIA:Italian restaurant
Social House:Dining, wine & social gathering
Social Garden:Casual dining & garden-style restaurant
Djournal:Coffee shop
Haraku Ramen:Ramen Jepang halal
Kitchenette:Western comfort food
The People’s Cafe:Masakan Indonesia/casual dining
Manarai:Beach club & dining, Bali
Naaga:Restaurant/bar concept
Pizza e Birra:Pizza, beer & casual dining
Tokyo Belly:Japanese casual dining
A/A BAR:Bar
ISMAYA Catering Co.:Catering & banquet

Instagram nya : https://www.instagram.com/thepeoplescafe?igsi=MTZncjFtNmR5cHU2YQ==

Saya pilih menu nasi cakalang& es jeruk. Teman saya pesan nasi cakalang & sedang. Dan menu sharing tahu tek dan cireng. Bungkus/bawa pulang nasi ayam taliwang. Total untuk 4 makanan, 2 minuman dan 1 snack adalah 300 ribu Rupiah. Agak pricey.

Untuk rasa bisa dibilang enak karena otentik. Untuk porsi pas, bukan porsi jumbo dengan harga rata-rata makanan 50 ribu, untuk minuman 20 ribu dan snack 30 ribu. Mirip-mirip upnormal tapi rasa seperti sate khas senayan, bumbunya berasa dan natural. Cocok buat menjamu tamu.

Alhamdulillah sudah mencicipi makanan di sini. Skor saya 8.5/10.