Tag

, , , ,

Kemarin kami dari Bandung ke Yogyakarta lewat jalan Tol Trans Jawa. Sejauh 580 km.

Pukul 08.00 start dari pintu tol Buahbatu, dengan 26 liter (200 ribu Rupiah) Pertalite di tangki mobil. Beberapa Exit tol yang kami lihat antara lain Padalarang, Purwakarta, Subang, Kertajati, Cirebon, Brebes. Kertajati (BIJB) ternyata sangat jauh dari Bandung, argometer menunjukkan 174 km dari pintu tol Buahbatu.

Tidak ada rest area setelah Brebes, sementara itu bahan bakar tinggal setengah strip. Di tengah jalan juga lihat 2 mobil di tempat yang berbeda menyalakan lampu darurat. Mungkin kehabisan bahan bakar. Mulai cemas, kami putuskan keluar di Exit tol terdekat, yaitu Pekalongan. Sekalian ke toilet dan sholat.

Benar saja, sampai di SPBU Pekalongan, bensin di tangki habis, sudah dibawah meter. 26 liter menempuh jarak 365 km (google map). Termasuk boros, idealnya 1 liter untuk 15 km (390 km), mungkin karena mobil dipacu 80-130 km/jam, saking lengangnya jalan tol.

Di Pekalongan isi pertalite 200 ribu (26 liter), sholat dan ke toilet. Pekalongan tidak sepanas Pemalang, dan air juga melimpah. Dari SPBU, mampir beli nasi ayam Hisana yang murah, 13 ribu dapat ayam goreng+nasi dalam box. Lalu balik ke tol menuju Semarang sejauh 95 km.

Di Semarang kami masuk kota, mencari soto ayam paling terkenal di kota ini, soto Bangkong. Soto rintisan Haji Soleh Soekarno yang awalnya jualan pikulan. Terakhir ke kota Semarang 16 tahun lalu. Pangling dengan gedung-gedung baru yang tinggi di jalan yang kami lalui. Dulu hanya mall Ciputra saja yang terlihat tinggi. Jalan nya tetap lebar-lebar. Oh ya, soto bangkong nya enak, segar, semangkok 16 ribu Rupiah.

Dari soto bangkong lanjut ke Yogyakarta melalui daerah vila Candi. Menurut saya, Semarang terlihat keren sekarang. Jalan tol menuju Yogyakarta saat ini bisa sampai Boyolali ataupun Colomadu Surakarta. Lalu disambung jalan biasa. Kami ikuti googlemap, diarahkan ke exit tol Boyolali, lewat jalan provinsi, lalu ring road Solo Yogyakarta. Pukul 18.00 kami tiba di Yogyakarta. Total 10 jam, di potong istirahat 2 jam, waktu di kendaraan 8 jam menempuh 580 km. Kalau lewat tol nya saja 510 km ditempuh 6 jam 30 menit.

Tips lewat tol :

1.isi emoney/flazz minimal 500 ribu

2.ambil lajur kiri, lajur kanan hanya untuk mendahului. Rambu ini ada di sepanjang Trans Jawa

3.kalau bersama teman, ambil foto, pemandangan cukup menarik sepanjang jalan. Beberapa spot yang menarik misalnya sawah bawang merah Brebes, jembatan merah dekat Semarang, hutan pinus ke arah Boyolali.

4.jangan hanya mengandalkan rest area, keluar exit tol kota lebih baik daripada kehabisan bahan bakar. SPBU biasanya ada dekat exit tol.

Alhamdulillah lancar dan selamat sampai rumah. Total biaya tol Bandung-Boyolali transit Pekalongan dan Semarang = Rp 441 ribu. Dengan rincian (&pemiliknya):

Buah Batu – Kalihurip 3 (Jasamarga) Rp 45 ribu

Kalihurip 3 -Cikampek Utama 1 Rp 15 ribu

Cikampek Utama 1-Palimanan (Lintas Marga Sedaya) Rp 102 ribu

Palimanan-Batang (Konsorsium Waskita&SumberMitra Jaya&Pemalang Batang Toll Road) Rp 133.500 (paling mahal)

Batang-Kalikangkung Semarang (Jasamarga) Rp 84 ribu

Jatingaleh-Banyumanik (Jasamarga) Rp 5 ribu

Banyumanik-Boyolali (TMJ-Trans Marga Jateng) Rp 56.500