Tag

, , , , , , ,

Porsi : 8 orang

Bahan Adonan :

330 ml air hangat suam kuku

1/2 sachet (6 gram) ragi fermipan

1 sendok teh (5 gram) gula pasir

500 gram tepung terigu serbaguna (protein sedang)

2 sendok teh (10 gram) garam

2 sendok makan (30 ml) minyak goreng

Topping : saus tomat, keju mozarella atau cheddar quick melt, oregano

Cara Membuat Adonan :

  1. Masukkan ragi fermipan dan gula ke dalam air hangat suam kuku, aduk-aduk, biarkan 10 menit atau lebih sampai muncul gelembung. Menjadi larutan ragi
  2. Masukkan larutan ragi ke dalam baskom atau panci breadmaker (kalau ada) lalu masukkan semua tepung terigu. Campur sampai rata. Masukkan garam, ratakan, lalu masukkan minyak goreng. Uleni sampai tercampur sempurna dan kalis. Bentuk bulat. Bungkus baskom berisi adonan pakai plastik hingga kedap udara. Biarkan 1,5 jam agar mengembang. Lebih baik lagi kalau dibiarkan semalam di kulkas, baru adonan digunakan esok harinya, lebih lembut hasilnya.
  3. Tata adonan di loyang. Adonan cukup untuk 2 personal pizza diameter 20 cm, atau kombinasi loyang 20 cm dan loyang kotak seukuran.

Bahan Topping :

50 ml saus tomat

1/2 bawang bombay, tumis hingga layu

100 gram keju (1/2 blok keju), parut atau bentuk sesuai selera

2 sosis besar atau secukupnya

oregano secukupnya

Cara Membuat Pizza :

  1. Adonan yang sudah ada di loyang olesi dengan saus tomat, lalu taburi bawang bombay, sosis dan keju parut. Tambahkan oregano secukupnya untuk aroma khas pizza
  2. Panaskan oven listrik pada suhu 200 derajat Celcius selama 10 menit nyala pemanas atas dan bawah untuk pengkondisian oven. Lalu masukkan adonan pizza ke dalam rak pemanggang atas dan bawah satu per satu. Tutup. Nyalakan kembali oven selama 10 menit. Setelah itu tukar posisi, yang atas pindah ke bawah, yang bawah pindah ke atas. Tujuannya agar matang merata. Panggang lagi selama 10 menit.
  3. Keluarkan dari oven. Bisa dipotong menjadi 8 bagian ukuran besar (porsi kenyang) atau 16 bagian ukuran kecil. Selamat menikmati.

Catatan : membuat pizza sangat mudah, adonan bisa disiapkan semalam sebelumnya agar peragiannya maksimal dan adonan berserat-serat sempurna. topping bebas sesuai selera. resep di atas adonannya menjadi seperti roti, lebih tebal dari pizza hut, tapi tetap enak. Kalau mau lebih tipis bisa dikurangi bahan adonannya proporsional sesuai resep di atas.

pizza kotak
pizza bulat