Tag

,

Ya, ternyata sangat menyenangkan menggunakan handphone sebagai modem internet. Sangat cepat (tergantung jenis handphone) dan efisien. Dalam hal ini saya menggunakan HP Samsung Fame (Rp 1,7 jutaan) sebagai modem. Sebagai pembanding adalah HP Nokia N70, modem tunggal merk Mobili dan modem router Advance.

Berikut perbandingannya

VS Nokia N70, Samsung Fame sangat simple, dengan adanya WIFI bisa dipasangkan dengan laptop yang ber WIFI pula, caranya cari ikon Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Lainnya, lalu pilih Tethering dan portable hotspot, ON-kan, maka Fame akan mencari perangkat lain yang ada WIFI nya, pilih hanya perangkat yang diizinkan supaya tidak dibajak orang lain. Sedangkan untuk Nokia N70 harus dihubungkan dengan dengan kabel untuk bisa jadi modem, belum lagi kecepatan yang lambat karena ini adalah HP lama keluaran 2006 (7 tahun lalu).

VS modem tunggal merk Mobili dan modem router Advance, ya jelas cepat Fame banget. Mobili kecepatannya sedang sedangkan router Advance sangat lambat apalagi jika dipakai 4 orang bersamaan.

Samsung Fame sejauh ini memuaskan untuk browsing internet, termasuk untuk modem di komputer saat menuliskan artikel ini.