Tag

, , , , ,

Salah satu supermarket yang populer di Yogyakarta adalah Superindo. Menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga terutama kebutuhan pokok rumah tangga. Di Yogyakarta juga ada supermarket lokal yang populer dan banyak cabangnya, seperti Mirota dan Pamella yang tersebar di penjuru Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kali ini membahas Superindo, yang ada 6 di wilayah kota Yogyakarta (Sultan Agung, Kotagede, Urip Sumoharjo, jalan Parangtritis, jalan Bantul, XT Square) dan 3 di wilayah kabupaten Sleman (Kaliurang, Seturan, Godean). Hampir semua sudah pernah saya kunjungi, kecuali yang cabang Godean.

  1. Superindo Sultan Agung : terdekat dengan kraton Yogyakarta dan Malioboro, berdekatan dengan Bakmi Kadin dan Mc Donald Sultan Agung. Uniknya, kadang menjual pohon ketumbar (cilantro) dalam pot. Jualannya cukup lengkap, ada ATM BCA. Parkir mobil 2000
  2. Superindo Kotagede : di wilayah heritage Kotagede, daerah yang relatif tenang dan asri. Parkirnya luas, 3x parkiran Superindo Sultan Agung. Cukup lengkap, tapi untuk daging sapi tidak menjual yang slice (untuk shabu-shabu, steamboat, hotpot). Kadang jual ikan goreng sangat murah, misal ikan tenggiri goreng 11 ribu dapat 2 ekor. Ada ATM BCA, dan gerai roti bluder Cokro Madiun. Parkir mobil 2000
  3. Superindo Urip Sumoharjo : dekat jalan Sudirman, bioskop XXI, pertokoan kain/textile, RS Bethesda. Lengkap jualannya. Parkir mobil 5000. Pernah kasirnya double input, ketahuan di rumah, saya komplainkan ke email customer service pusat Superindo di Jakarta, dihubungi customer service cabang ini, dan mereka minta maaf serta menawarkan pengembalian uang diantar ke rumah atau gimana, saya minta dikirim ke akun Gopay saya, tak sampai 24 jam beres.
  4. Superindo jalan Parangtritis : dekat kawasan masjid Jogokariyan, kami pernah numpang parkir di sini saat buka puasa di masjid Jogokariyan. Jualannya lengkap. Ada gerai roti bluder Cokro Madiun dan Kopi Kenangan. Parkir mobil 2000
  5. Superindo jalan Bantul : ada 2 tingkat, yang atas banyak produk impor, yang bawah banyak produk segar. Bersebelahan dengan Alfamidi. Parkir mobil 2000
  6. Superindo XT Square : ada satu kawasan dengan museum trick, upside down. Agak kecil tokonya. Namun lengkap jualannya. Bahkan daging slice pun tersedia dari pagi awal buka. Superindo terbaru di Yogyakarta. Parkir mobil 5000. Namun bisa juga parkir di pinggir jalan sebelum masuk kawasan XT Square, gratis.
  7. Superindo Kaliurang : bersebelahan dengan supermarket Mirota. Area padat sehingga rawan keributan dengan pengguna parkiran lain. Cukup lengkap. Lupa berapa biaya parkirnya.
  8. Superindo Seturan : dekat kawasan kampus YKPN, Atmajaya, UPN Veteran. Berseberangan dengan kafe Menoea yang sempat melambungkan nama Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Cukup lengkap. Ada ATM BCA. Parkirannya jadi satu dengan bisnis lain. Parkir mobil 3000.

Kesamaan dari semua Superindo di Yogyakarta adalah adanya ATM BCA, adanya UKM yang jualan makanan minuman (dawet kemayu, lumpia semarang, pukis dll) di teras supermarket, dan parkir yang dikelola masyarakat setempat (kecuali XT Square), jadi tarif parkirnya bervariasi. Produk unggulannya adalah produk segar dari sumber terbaik, misal untuk salak, pepaya dan jambu kristal dari Yogya, sayuran dan ketimun dari Bandung, nanas dari Subang, mangga dari Indramayu dst. Oh ya, untuk mendapatkan promo silakan download aplikasi Superindo dan daftar menjadi anggotanya supaya dapat potongan harga untuk produk yang dipromosikan.