Tag

, , , ,

Salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah SGPC Bu Wiryo yang berada di jalan Agro belakang fakultas kedokteran hewan kampus UGM. Tagline warung makan ini melayani di UGM sejak 1959.

Mungkin karena melayani di UGM sejak 1959 dan alumninya sudah banyak yang berhasil, harga nasi pecel yang umumnya murah meriah dibawah Rp 10.000,-/porsi, di sini dijual Rp 19.000,-/porsi tanpa lauk.

Akses ke jalan Agro cukup berkelok. Jika dari jalan Kaliurang/Persatuan alam melewati gudeg mbarek H Amad, Gudeg Yu Djum, lalu belok ke area kos an baru masuk ke jalan Agro yang sepi. Jalannya ada 3 lapis, pilih yang paling kiri saja, biar bisa parkir di depan warung.

Datang disambut iringan gamelan yang tampaknya menjadi hiburan tetap beberapa tahun terakhir di sini, namun lagu yang dinyanyikan kan nya disesuaikan dengan pengunjung. Kebetulan bersamaan dengan kami ada rombongan remaja ikut keluarganya, maka yang dinyanyikan lagu remaja. Unik.

Bagaimana rasa pecelnya? Menurut saya enak, manis, rasa sambal pecelnya mirip sambal pecel di supermarket. Sayurnya melimpah. Porsi kenyang. Gorengan tahu isinya besar, enak dimakan dengan pecel dan cabe rawit. Minumnya teh hangat, tidak terlalu manis dan pekat. Bukan pecel terenak, tapi OK untuk dinikmati.

Bayar setelah makan, ke petugas yang ada di dekat tempat pengambilan makanan. Dihitung menggunakan kalkulator manual tanpa print out. Setelah bayar, menuju pintu keluar, masukkan dulu uang tips hiburan gamelan seikhlasnya, lalu ke parkiran. Kalau bingung lewat mana, pakai saja Google map. Cukup akurat informasinya.