Tag

, , , , , , , , , , , , ,

Berikut ini daftar tabungan dari termurah sampai termahal dilihat darin biaya administrasi, biaya ATM dan biaya lainnya. Termasuk kelebihan dan kekurangannya :

Aneka aplikasi mobile banking di Indonesia

1. Sinarmas Tabungan Alfamart, biaya bulanan 0, bisa digunakan untuk transaksi di Alfamart dan mendapatkan poin Ponta setiap kelipatan 2500. Kekurangannya tanpa buku, hanya online via Simobiplus, ATM nya sedikit. Kelebihannya : transfer antar Sinarmas dan antarbank gratis di internet banking dan Simobiplus.

2. Tabungan BSI Easy Wadiah, biaya bulanan ATM debit Visa Rp 1.000. Kelebihannya aplikasi BSI Mobile, ada informasi waktu sholat dan informasi islami lainnya, bisa tarik tunai tanpa kartu. Bisa juga bersedekah. Ada buku tabungannya. Ada undian berhadiah.

3. Tabungan BRI Simpedes, biaya administrasi Rp 5.500, biaya ATM classic Rp 2.500. Kelebihannya ada aplikasi BRImo yang mudah digunakan, bisa tarik tunai tanpa kartu. Ada buku tabungan. Ada undian.

4. Tabungan BPD DIY Simpeda, biaya administrasi Rp 6.500. Ada aplikasi BPD DIY Mobile, namun fiturnya semi manual (syntax). Ada buku tabungan. Ada undian. Ada fasilitas safety deposit box (SDB) di kantor pusatnya.

5. Tabungan BCA Xpresi, biaya administrasi Rp 7.500. Tanpa buku. Aplikasi BCA Mobile dan internet banking tanpa token. Kartu debit Mastercard bisa digunakan untuk belanja online. Bisa digunakan sebagai korespondensi Rekening Dana Nasabah (RDN) banyak sekuritas seperti Mirae, NH Korindo, Stockbit dll. ATM ada di mana-mana.

6. Tabungan Sinarmas Gold, biaya administrasi Rp 10.000. Tanpa buku. Aplikasi Simobiplus. Gratis transfer antar Sinarmas dan antar bank. Biaya penutupan Rp 100.000. ATM terbatas.

7. Tabungan Bunga Harian Commonwealth, biaya administrasi Rp 10.000.Tanpa buku. Aplikasi Commonwealth. Gratis transfer antar Commonwealth dan antar bank, namun dikenakan biaya dulu Rp 6.500 dan akan dikembalikan esok harinya. Kadang lupa, jadi harus rajin mengecek dan meng komplain kalau belum di refund. ATM terbatas.

8. Tabungan Rupiah Mandiri, biaya administrasi Rp 12.500, biaya ATM Gold Visa Rp 5.000 (mulai 2022). Kartu ATM Visa dapat digunakan untuk belanja online. ATM ada di mana-mana.

9. Tabungan BNI Taplus Bisnis, biaya administrasi Rp 10.000, biaya ATM Gold Mastercard Rp 7.500. Ada buku tabungan yang bisa menampilkan detil transaksi. Kartu ATM Mastercard bisa digunakan belanja online. ATM ada dimana-mana. Saldo minimal rata-rata Rp 1 juta, kurang dari itu kena denda Rp 20.000.

10. Tabungan CIMB Niaga Xtra Savers, biaya administrasi Rp 17.500 untuk saldo rata-rata dibawah Rp 25 juta. Ada buku tabungan, ada mobile banking dan internet banking, ada biaya denda dormant Rp 5.000 apabila 6 bulan berturut-turut tidak ada transaksi.

Silakan dipilih-pilih. Kalau saat ini jika memilih 2, saya memilih BSI Wadiah dan BCA Xtra, karena biaya relatif murah, banyak ATM, banyak promo online dan banyak fiturnya.