Tag

, , , ,

Masjid Syuhada ini adalah masjid bersejarah di kota Yogyakarta, diresmikan oleh Presiden Soekarno tahun 1952, sebagai penghargaan kepada parah syuhada/mati syahid yang berjuang bagi kemerdekaan Indonesia. Berlokasi di jalan I Dewa Nyoman Oka no 13 Kotabaru Yogyakarta. Nama resmi masjid ini adalah Masjid Perjuangan Syuhada, disingkat menjadi Masjid Syuhada.

Berhubung jalan di sini sangat lebar dan sepi, kami bisa parkir sejajar di depan masjid. Kesan pertama masjid adalah bangunan tua, namun terawat. Kami naik tangga, masuk ke aula masjid mendengarkan ceramah, masih sedikit jamaah pada pukul 16.30. Namun berangsur-angsur ramai mendekati waktu maghrib. Isi ceramah sore itu adalah pesan untuk mengoptimalkan ikhtiar/usaha.

Sepuluh menit sbelum azan maghrib, ceramah selesai, jamaah satu persatu turun ke sayap kiri masjid, mengambil takjil kurma 3 biji yang sudah dibungkus dan segelas teh hangat yang sudah tersedia. Selanjutnya menunggu azan maghrib, buka puasa, mengembalikan gelas, wudhu, lalu sholat maghrib berjama’ah. Setelah sholat turun lagi, ambil nasi kotak yang tersedia. Ada 4 macam makanan buka puasa sore kemarin : nasi kotak katering masjid syuhada, nasi kotak katering sumbangan SMAN 10, nasi lauk lele sambal dalam kemasan styrofoam, dan nasi dalam kertas nasi coklat yang entah isinya apa. Semua kebagian, bahkan ada yang ambil 2, dan ketika selesai makan tampak masih ada nasi kotak yang tersedia.

Masjid ini juga bersejarah buat keluarga saya, almarhum ayah saya dulu aktif di sini waktu merantau ke Yogya, pun demikian dengan almarhum paman ayah saya, yang menjadi imam tetap sholat subuh di sini hingga beberapa tahun sebelum beliau wafat tahun 2019. Beliau tinggal dulu tinggal di Suronatan, pernah nyaris dibegal ketika sebelum subuh melewati jalan Mataram dekat hotel Grand Inna Malioboro, namun begal nya pergi ketika tahu yang akan di begal nya imam masjid Syuhada.

Kini imam masjid ini anak muda, fasih dan indah sekali bacaan sholatnya. Semoga masjid ini terus terpelihara dan berjaya, memberi manfaat pada umat dan masyarakat. Aamiin. Masjid ini juga punya TK, SD, SMP, asrama, perpustakaan yang terkenal di Yogyakarta.

Sejarah Masjid Syuhada Yogyakarta : Masjid Syuhada selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 20 September 1952. Masjid ini tepatnya berlokasi di Jalan I Dewa Nyoman Oka 13, Kotabaru, Yogyakarta yang merupakan markas serta tempat tinggal orang-orang Belanda semasa menjajah Indonesia, berikut orang Tionghoa serta orang Indonesia kelas atas atau mereka yang menerima pendidikan ala Barat. Pemerintah Indonesia bermaksud memberikan hadiah kepada rakyat Yogyakarta atas perjuangan mereka dalam melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.