Tag

, , , , , , , , , , , ,

Ini adalah pengalaman investasi reksadana Trimegah Kapital saya sejak November 2007, atau 13 tahun 4 bulan. Investasi ini menggunakan sisa gaji dan saya biarkan sampai nyaris terlupakan.

Intinya reksadana itu kita mempercayakan uang kita di kelola oleh manajer investasi, entah itu untung atau rugi, kita tetap bayar biaya (gaji, operasional dll) manajer investasi secara proporsional berdasar persentase. Misal kita tanam 1 juta, biaya manajer investasi ya 0,001 x nya orang yang tanam investasi 1 milyar.Investasinya tergantung jenis reksadana yang dipilih, reksadana saham ya terdiri dari beberapa saham yang dipilih manajer investasi, reksadana pendapatan uang dibelikan obligasi negara maupun swasta, reksadana pasar uang ditanam di deposito, reksadana campuran ya terdiri dari bermacam campuran produk investasi. Lihat prospektus dan laporan bulanan yang mereka terbitkan. Bisa diakses di bareksa, kontan.co.id maupun dari laman manajer investasi masing-masing.

Pilihlah manajer investasi yang pintar mengelola portofolio, karena biasanya anda akan diuntungkan dengan reksadana yang nilai aktiva bersihnya meningkat.

Reksadana cocok buat orang yang punya kesibukan lain misalnya punya usaha, menjadi karyawan, dosen, guru dll. Sedangkan yang punya banyak waktu luang lebih baik kelola sendiri, tentunya dengan pengetahuan yang memadai. Kalau belum cukup ilmu, belajar dulu, sambil investasi di reksadana. Kalau sudah cukup ilmu dan modal, ya berani lah investasi langsung ke instrumennya (saham, obligasi, deposito).

Modal investasi saham sekarang sangat murah, bisa 100 ribu Rupiah saja seperti di Ajaib sekuritas. Sedangkan reksadana lebih murah lagi, apalagi kalau belinya di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, sisa recehan belanja dan jualan pun bisa buat investasi reksadana atau emas.