Tag

, , , , ,

Melelahkan dan bikin tekanan darah naik, itu yang saya rasakan.

Berawal dari rencana tengok rumah, saya beli tiket pergi pulang YIA-BDJ. Masalah terjadi ketika hasil swab antigen saya positif Covid19, sehingga saya batal untuk berangkat. Gejala Covid19 saya rasakan sejak Jumat,dimana waktu sholat Jumat saya menggigil, dan Sabtu pagi sebelum tes swab antigen mata saya memerah, kepala pusing, salah gejala Covid19.

Begitu keluar hasil positif Covid19, saya langsung batalkan reservasi hotel. Lalu ke kantor Lion Air yang ada di komplek hotel Mercure dan Ibis Adisucipto Yogyakarta. Permintaan Refund tidak dilayani karena saya belinya di Tokopedia yang kerjasama dengan Tiket.com.

Lalu saya batalkan di aplikasi Tokopedia dengan melampirkan KTP dan bukti positif Covid19 tes swab antigen. Tak lama kemudian dapat jawaban bahwa tiket keberangkatan bisa direfund full, sedangkan baliknya dipotong 50%. Sempat balas membalas di aplikasi selama 2 hari 1 malam. Karena tidak ada jawaban full Refund 100% saya langsung hubungi call center Lion Air.

Jawaban Lion Air tiket bisa dibatalkan dan direfund 100%. Karena tiket berangkat sudah direfund lewat Tokopedia, maka tinggal tiket baliknya. Saya kirim dokumen e-KTP dan positif Covid19 swab antigen dan diproses saat itu juga. Cukup menguras pulsa juga karena telpon 40 menit menghabiskan pulsa 55 ribu.

Lalu saya teruskan jawaban Lion Air ini ke Tokopedia, dan Tokopedia meminta kesediaan menunggu proses nya.

Kejadian ini membuat kapok untuk beli tiket pesawat di Tokopedia. Mungkin kedepannya lebih baik beli langsung di website lionair.co.id agar bisa lebih cepat dan tidak ada kesan akal-akalan, karena sudah jelas bahwa force majeur/musibah yang tidak diinginkan seperti Covid19 ini, tiket dikembalikan 100%.