Tag

, , , , , , , ,

Setelah sekian lama tidak menginap di hotel selama pandemi Covid 19, akhirnya hari ini kami menginap di hotel. Hotel yang kami pilih adalah hotel Pesonna Tugu (mulai 2022 namanya berganti menjadi hotel Khas Tugu) yang ada di jalan Diponegoro Yogyakarta.

LOKASI : strategis, dekat dengan Tugu Yogya (300 m), stasiun Tugu Yogya & jalan Malioboro (1200 m). Benteng Vredeburg dan alun alun Utara Keraton Yogyakarta juga sekitar 2 km yang dapat ditempuh jalan kaki melalui trotoar yang lebar dan nyaman, disarankan dilakukan pagi atau sore sampai jam 9 malam dimana cuaca tidak terlalu panas. Dekat sini banyak makan dan jajan yang ngehits diantaranya lupis mbah Satinem yang ada di samping hotel. Ya, kami staycation karena rumah kami hanya berjarak 7 km saja dari hotel ini. Jarak hotel ke bandara Adisucipto (JOG) 9 km biasa untuk pesawat baling-baling seperti Citilink, sedangkan untuk pesawat jenis lain dari hotel ke bandara YIA 43 km.

FASILITAS : Kami pesan di Agoda 2 Minggu sebelum kedatangan. Tarif kamar deluxe nya 300 ribuan termasuk sarapan, jauh dibawah dari publish rate nya yang 1,1 juta. Hotel ini bintang 3 yang dilengkapi kolam renang, restoran dan ruang pertemuan. Tersedia juga parkir outdoor yang rindang. Hotel ini berkonsep stylish syariah dimana pegawai perempuan semua berjilbab dan tiap kamar tersedia Al Qur’an, sajadah dan mukena.

COVID 19: Protokol kesehatannya sangat bagus, sebelum masuk ada tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh dengan sensor otomatis. Dekat lift juga ada semprotan disinfektan otomatis. Check diminta KTP, data dan persetujuan tidak merokok di kamar dimana kalau melanggar dendanya 1 juta dan pernyataan bebas Covid 19 buat yang tidak membawa hasil tes PCR/antigen/Genose. Dekat resepsionis ada welcome drink (ambil sendiri) teh dan jahe hangat yang cukup manis.

KAMAR: Isi kamar deluxe yang saya pesan : springbed ukuran queen, meja kerja dengan lampu meja, lampu tidur, TV 30 inch dengan TV kabel 30 channel dimana untuk hiburan ada HBO, HBO Signature, HBO Hits, FOX Movies, AXN dll, untuk berita ada CNN, Al-Jazeera, dan 10 TV lokal. Air minum botol 600 ml tersedia di kamar mandi. 2 cangkir, perebus air dan bahan minuman (kopi instan, teh hitam, gula pasir, gula aren dan krimer), kulkas kaca ada di sekitar meja kerja. Safety Deposit Box cukup untuk laptop ukuran 14 inch dengan gantungan baju serta tempat tas ada di atasnya. Untuk kamar mandi menggunakan shower, lengkap dengan amenities (sabun, shampo, sikat dan pasta gigi), kloset duduk, 2 handuk. Bisa dikatakan sangat lengkap di kelasnya. Kecepatan internet WIFI yang terbaca di aplikasi Opensignal unduh = 2,92 Mbps , unggah = 1,99 Mbps, latensi = 14, seperti internet rumah.

KESAN : Untuk kesan mewah elegan, terasa di lobi, restoran dan lift. Tapi begitu masuk lorong, kamar dan kolam renang, terlihat sederhana elegan. Mungkin yang kamar suite yang mewah elegan. Elegan di sini dari lantainya keramik retro dan langit-langit yang cukup tinggi. Kursinya dari kayu yang kokoh. AC nya masih individu, bukan sentral. Kamar tidak kedap, suara kamar lain terdengar, mungkin karena ada celah di pintu dan insulasi dinding yang kurang baik. Termasuk ketat dalam peraturan, seperti biaya 50% check out lewat pukul 12.30, 100% check out lewat pukul 16.00, denda 1 juta merokok di kamar.

SARAPAN : bisa dibilang sederhana namun lengkap dan sedap semua. Di saat pandemi covid19 ini protokol kesehatan dijalankan termasuk pemberian sarung tangan dalam amplop untuk dipakai saat mengambil makanan. Paling depan tersaji sereal dan susu serta aneka roti. Di tengah tersedia nasi putih, nasi goreng, bihun, cap cay, filet ikan, bubur ayam beserta pelengkapnya, pudding, semangka dan nanas. Di outdoor tersedia omelet telur, kopi dan teh dalam jug, jamu beras kencur, kunyit asam dan jus belimbing. Semua segar, sedap, nikmat. Kami nikmati sarapan 12 April 2021 sehari sebelum Ramadhan.

Secara umum fasilitas hotel ini lengkap dan sepadan dengan harganya. Menyenangkan menginap di sini.