Tag

, ,

Plasma Konvalesen Covid19 adalah plasma darah dari ex penyintas/penderita Covid19 yang sudah sembuh. Plasma ini berguna untuk membantu penderita Covid19 yang sedang berjuang untuk sembuh.

Kemarin dapat WhatsApp dari kontak di ruang isolasi graha RSUD Dr.Iskak Tulungagung bahwa Bapak yang sedang dirawat memerlukan 2 kantong plasma konvalesen, dimana saat ini darah yang sesuai dengan Bapak ada unit transfusi PMI Surabaya jl Embong Ploso.

Saya baru baca WhatsApp pukul 23.30, padahal sudah dikirim pukul 19.55 karena tidur kecapekan sesudah bolak-balik ke rumah sakit. Dan tanya jam buka bank darah, ternyata buka 24 jam. Dan saya kira plasma darah tersedia di Tulungagung, ternyata harus ambil di Surabaya.

Untung ada adik ipar yang baru tiba dari Malang yang mau mengantar ke Surabaya. Saya ambil surat pengantar, contoh darah dan kotak pendingin, lalu antar dulu ibu pulang, dan berangkat lagi ke Surabaya jam 2 malam. Perjalanan dari rumah ke Surabaya 180 km ditempuh 3 jam lewat tol Bandar Kediri, keluar di tol Gunungsari. Peta yang ditunjukkan GoogleMaps akurat.

Demikian juga pulangnya lewat jalur yang sama dan waktu tempuh yang sama, jalan sepi karena hari Ahad.

Semoga ikhtiar ini membawa kesembuhan Bapak yang akan berusia 75 tahun September nanti. Amin.

Oh ya, kami tiba di unit transfusi PMI Surabaya pukul 5.15 pagi, langsung ke loket pemesanan, diproses paling cepat selama 1 jam 25 menit. Kami salat Subuh, lalu tidur di mobil. Bangun pas pesanan siap. Satu kantung plasma darah diganti 2 juta. Kami perlu 2 kantung. Bisa dibayar tunai atau transfer, tidak bisa pakai kartu debit/kredit.

Alur permintaan darah
Loket