Tag

, , , , , , ,

Berhubung sudah lama berganti KTP dan selalu terkendala saat bayar pajak tahunan, biar tidak repot, maka tahun ini saya tergerak untuk mengurus sendiri balik nama kendaraan. Berdasar pengalaman mengurus sendiri balik nama kendaraan berupa mobil, berikut cara balik nama kendaraaan yang saya lakukan di SAMSAT Trenggalek Jawa Timur :

Pertama, lengkapi dokumen berikut dan datangi loket fotokopi di SAMSAT:

  1. KTP asli dan fotokopi KTP pemilik baru.
  2. BPKB asli dan fotokopi.
  3. STNK asli dan fotokopi.
  4. Bukti jual beli kendaraan yang dibubuhkan materai Rp 6.000.
contoh kwitansi jual beli mobil di cintamobil.com

Waktu saya mengurus di SAMSAT Trenggalek Jawa Timur, nomor 1,2,3,4 diperlukan aslinya, tidak perlu fotokopi, karena semua proses diawali di loket fotokopi belakang SAMSAT yang mengecek kelengkapan dan memfotokopikan, berikut map. Biayanya Rp 8 ribu.

Kedua, datang ke loket pendaftaran, nanti akan dicek berkas, dan ditanya nomor handphone sebagai konfirmasi saat BPKB asli sudah selesai balik nama (pengalaman kemarin 15/10/2020 meski sudah 2 bulan tak ada telepon konfirmasi, inisiatif datang langsung dan ternyata sudah jadi), lalu map dikembalikan beserta kertas untuk cek fisik.

Ketiga, lakukan cek fisik kendaraan. Kasih tahu petugas cek fisik dimana lokasi kendaraan kita. Akan digesek nomor rangka dan nomor mesin. Berikutnya datangi petugas cek kelengkapan segitiga pengaman dan kotak P3K. Kalau tidak lengkap, harus cari, beli di toko terdekat. Namun biasanya di sekitar ada pihak ketiga yang jual segitiga pengaman seharga Rp 40 ribu dan kotak P3K beserta isinya Rp 60 ribu. Total Rp 100 ribu. Kalau mau hemat dan ada waktu, bisa saja cari dulu di Tokopedia/Bukalapak dimana harga segitiga pengaman Rp 11500 dan kotak P3K Rp 27000, total Rp 38500 belum termasuk ongkos kirim. Bawa kembali map beserta hasil cek fisik ke loket pendaftaran. Dari sana di arahkan ke loket pembayaran yang ada di depan.

Keempat, datangi loket pembayaran di depan. Tunggu sampai dipanggil untuk bayar biaya permohonan pembuatan buku pemilik kendaraan bermotor sebesar Rp 375 ribu (ganti nama pemilik ternyata dibikinkan buku baru, bukan melanjutkan di buku lama seperti di akte tanah). Simpan bukti pembayaran yang ditanda tangan dan dicap petugas di tempat yang aman, karena BPKB tidak dapat diambil tanpa STNK asli dan tanda pembayaran ini.

Kelima, bayar biaya-biaya : balik nama kendaraan bermotor BBN KB = 2/3 PKB (Rp 850 ribu), pajak kendaraan bermotor PKB 2% dari harga pasaran kendaraan (Suzuki APV GL 2005 Rp 1,271 jt), SWDLKJ Rp 143 ribu, PNBP STNK Rp 200 ribu, PNBP TNKB Rp 100 ribu, parkir tahunan kabupaten Trenggalek Rp 30 ribu. Total Rp 2.594.900. Ambil plat baru mobil di bagian cetak plat.

Rincian biaya :

fotokopi Rp 8.000,-

kelengkapan cek fisik mobil (kotak P3k+segitiga pengaman) Rp 100.000,-

pembuatan BPKB baru Rp 375.000,-

balik nama, pajak dll Rp 2.594.900

Total biaya balik nama untuk mobil (mengurus sendiri) Suzuki APV GL 2005 adalah Rp 3.077.900,-. Lama prosesnya 2,5 jam dari jam 8 pagi hingga 10.30 pagi. Dengan STNK baru, plat mobil baru dan bayar pajak tahunan, mobil sudah boleh dikendarai di jalan. Untuk BPKB baru, menunggu 1-2 bulan, akan ada pemberitahuan via nomor kontak kita bila sudah jadi (pengalaman kemarin 15/10/2020 meski sudah 2 bulan tak ada telepon konfirmasi, inisiatif datang langsung dan ternyata sudah jadi), atau datang langsung ke SAMSAT 2 bulan setelah proses.