Tag

, , , , ,

Film ini bercerita tentang liku-liku Ray Kroc menjadi pemilik Mc Donald. Awalnya dia adalah salesman alat elektronik untuk restoran/rumah makan. Hingga akhirnya ketemu Mc Donald bersaudara. Ray kagum kepada Mc Donald dengan konsep restoran yang bersih, enak, murah dan cepat. Hingga akhirnya Ray menawarkan untuk buka franchise Mc Donald. Tadinya mereka menolak karena takut tidak bisa menjaga kualitas seperti di cabang. Sementara Mc Donald berada di San Benardino. Akhirnya Ray Kroc yang jago sales berhasil meyakinkan Mc Donald bersaudara untuk francishekan restorannya. Mereka menanda tangani kontrak kerjasama.

Restoran ini kemudian berkembang pesat. Namun keuntungan yang diperoleh Ray Kroc kecil, hanya 1,5%. Oleh karena itu rumahnya yang diagunkan terancam disita karena permasalahan pembayaran cicilan, yaitu menunggak 3 bulan. Terjadi pertengkaran dg istrinya karena hal ini. Ray Kroc menemukan salah satu kerugian adalah karena pendingin es krim yang boros listrik. Ray usulkan ganti es krim kocok dengan susu instan. Tapi rencana itu ditolak. Akhirnya Ray ketemu dengan seseorang yang menyarankan Ray tidak fokus ke produk, biar produk yang urus Mc Donald, Ray fokus untuk kuasai properti franchise Mc Donald, dalam bentuk kontrak ke siapa saja yang mau buka Mc Donald.

Puncaknya adalah ketika Ray Kroc memaksa Mc Donald bersaudara menanda tangani penjualan merk Mc Donald seharga USD 2,7 juta ( besar sekali mengingat waktu itu mungkin 1 USD= 1 gram emas). Dan Ray menolak permintaan Mc Donald atas fee 1% tiap penjualan. Mc Donald sempat bertanya ketika selesai tanda tangan kontrak, kenapa Ray begitu niat beli merk Mc Donald padahal dia bisa bikin merk sendiri, karena rahasia dapur dia sudah tahu. Jawabannya karena merk Mc Donald sangat Amerika, sangat menarik. Kalau masalah rahasia dapur, karyawan Mc Donald semuanya juga tahu, bisa resign, buka restoran burger, tapi belum tentu bisa memiliki brand sekuat dan sesukses Mc Donald. Ray Kroc merasa yakin dan jatuh cinta pada pandangan pertama pada restoran Mc Donald.

Film yang menarik dan penuh semangat/kegigihan/persistence perjuangan Ray Kroc dalam menghadapi penolakan berkali-kali. Meski ketulusan Mc Donald bersaudara seperti dikhianati Ray Kroc, tapi di akhir cerita, Ray Kroc dan istri barunya menyumbangkan harta mereka untuk badan amal. Ray Kroc meninggal tahun 1984.

The founder

Ini adalah satu film yang ada di UseeTVGo.