Tag

, , , , , , , , , , ,

Rabu, 4 Maret 2020 saya mendapat email dari Malindo Air kalau ada perubahan jam penerbangan Jakarta Kuala Lumpur sebagai berikut ini :

Dari : 12 Aug 2020OD0317 Jakarta, Indonesia (CGK)Kuala Lumpur, Malaysia (KUL)  berangkat 05:10 AM tiba 08:20 AM

Menjadi : 12 Aug 2020 OD0315  Jakarta, Indonesia (CGK) Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) berangkat 01:10 PM (siang), tiba 04:20 PM

padahal saya punya tiket lanjutan Malindo pula

(KUL) Kuala Lumpur International Airport Terminal KLIA1- Bangkok (DMK) Don Mueang International Airport Terminal 1 berangkat 09:50 AM, tiba 11:05 AM

Artinya bakal ketinggalan pesawat. Saya sempat minta reschedule via email supaya terkoneksi ke CGK-KUL-DMK, kalau bisa naik SL (Thai Lion) atau Lion Air (JT). Sejam kemudian petugas call center Malindo di Kuala Lumpur (+60378415388), menginformasikan kalau reschedule tidak bisa dengan maskapai lain meski satu grup, jadi semua jadwal mengharuskan menginap di Kuala Lumpur. Karena tidak ada jadwal yang cocok, saya dipersilakan minta refund ke travel agent (Traveloka) tempat saya membeli tiket. lah gimana mau dapat refund kalau status tiketnya non refund. Saya coba saja kontak Traveloka, siapa tahu ada pencerahan.

Minggu 8 Maret 2020 dapat balasan dari Traveloka kalau tiket non refund tidak bisa minta refund. Saya jelaskan perubahan dari maskapai dan oleh maskapai disuruh refund ke travel agent (Traveloka) karena Malindo tidak bisa kasih jadwal yang pas (terkoneksi). Menunggu setengah hari, ada balasan, permintaan APPROVED, alias disetujui maskapai sebesar pokok tarif Rp 1.119.000 yang dibayarkan (tidak termasuk biaya kartu kredit, asuransi tambahan, cicilan bank). Pencairan 2 minggu dari persetujuan- 22 Maret 2020, ke rekening awal (kartu kredit) pembayaran. Selama 2 minggu itu sempat saya cek, ternyata tidak ada lagi informasi akan cair 2 minggu setelah persetujuan.

Senin 23 Maret 2020, belum ada refund ke kartu kredit, ada balasan email berupa kalau saat ini mereka sangat sibuk dengan pembatalan tiket, sehingga konsumen diminta bersabar, nanti kalau refund sudah mereka terima akan mereka teruskan ke konsumen.

Jadi, cara refund tiket non refund Malindo adalah ketika maskapai mengubah jadwal penerbangan baik waktu dan lokasi bandaranya, konsumen berhak untuk minta refund. Sama persis dengan refund tiket Air Asia.

Selasa, 14 Juli 2020, sudah menunggu 128 hari dari tanggal persetujuan refund. Namun dana belum masuk juga. Sudah hubungi pihak Traveloka lewat aplikasi maupun Twitter tanggal 5 Juli 2020 ” Hi Kak, mohon maaf atas keterlambatan respon. Saat ini kami masih terus berkomunikasi secara intensif dengan pihak maskapai untuk menyelesaikan refund kakak. Hanya saja dengan tingginya permintaan ke maskapai, saat ini proses refund dapat berjalan sampai 90 hari kerja atau lebih. Mohon kesediaannya untuk menunggu. Terima kasih”. Sedangkan jawaban 14 Juli 2020 “Halo Kak. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, saat ini akan kami bantu buatkan laporan ke tim Flight Spesialist kami ya untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Mohon menunggu info selanjutnya melalui DM ini atau email kakak. Terima kasih”

Entahlah kapan realisasi refund Malindo Traveloka, semoga disegerakan.

Kamis, 16 Juli 2020

Ada email dari Traveloka

Kepada Yth.Bapak xx

Salam Hangat dari Traveloka

Kami telah berusaha menghubungi anda di nomor +628xxx namun tidak ada jawaban.

Kami ingin menginformasikan bahwa pengajuan refund Anda telah disetujui oleh pihak maskapai dalam bentuk pengembalian dana atau cash. Proses pengembalian dana ini memiliki estimasi waktu 2-5 hari kerja. Sebelumnya metode pembayaran Anda adalah menggunakan kartu kredit namun transaksi sudah dilakukan lebih dari 6 bulan, sehingga dana refund akan dikembalikan ke rekening Anda. Mohon kerjasama Anda untuk menginformasikan beberapa data sebagai berikut :


Data Rekening 
1. Bank Tujuan: 
2. Cabang: 
3. Atas Nama: 
4. Nomor Rekening: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi kami kembali dengan membalas email ini. Anda juga bisa pergi ke Inbox pada Traveloka App, ketuk tab Pesan, dan kirim pesan kepada kami.

Atas perhatiannya, Kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Refund Specialist

Jumat, 17 Juli 2020

Dapat kabar email dari Traveloka kalau sudah ditransfer melalui Bank Mandiri. Saya cek di aplikasi Traveloka status sudah ditransfer.Ada notifikasi transfer dari Mandiri (bank jangkarnya Traveloka) ke nomor rekening saya tapi tidak dijelaskan ke bank apa. Saya cek di bank saya, belum masuk.

Senin, 20 Juli 2020

Dapat 1000 poin Traveloka, kompensasi atas kesabaran menunggu.

Selasa, 21 Juli 2020

Saya cek belum masuk, kemungkinan salah transfer ke sesama Mandiri, padahal sudah jelas-jelas saya tekankan nama bank dan no rekening saya. Diminta input lagi. Saya isi dengan rekening Mandiri. Status di aplikasi Traveloka kembali menunggu transfer. Drama apa pula ini.

Rabu, 22 Juli 2020

Alhamdulillah akhirnya refund masuk ke rekening Mandiri saya, karena hal ini saya sarankan yang ada urusan refund dengan Traveloka bisa menggunakan rekening Mandiri, lebih cepat dan dapat notifikasi transfer masuk. Refund semula Rp 1.119.000 dipotong Rp 60.000 untuk 2 orang, menjadi Rp 1.059.000. Status di aplikasi Traveloka juga kembali berubah menjadi sudah ditransfer dengan tanggal transfer 17 Juli 2020. Seandainya kejadian force majeur, Traveloka tidak memotong biaya refund. Penantian 135 hari (19 minggu) sejak pengajuan pertama disetujui akhirnya terbayar sudah. Tiket non refund Malindo akhirnya bisa refund karena adanya reschedule dari pihak Malindo yang berujung pembatalan dan bukan karena force majeur. Terimakasih Traveloka, meski lama, akhirnya masalah ini terselesaikan dengan memuaskan. Semoga pandemi Covid-19 segera selesai dan dunia usaha kembali bangkit.

keterangan traveloka bahwa refund telah ditransfer