Tag

, , , , , , ,

Beberapa waktu lalu saya sempat mencoba Tengkleng Hohah yang merupakan salah satu usaha dari Saptuari Sugiharto yang berada di Jalan Wonosari KM 7, Baturetno, Banguntapan, Bumiwetan, Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573. Tak jauh dari rumah.

Tengkleng adalah masakan berbahan daging sapi atau kambing yang berasal dari Jogja dan Solo. Sekilas memang sajian ini mirip dengan gulai, namun bedanya kuah tengkleng lebih encer. Orang juga biasanya menyebut tengkleng dengan balungan atau tulang karena memang menu ini menyediakan olahan balungan, seperti tulang rusuk, tulang bagian kaki, maupun bagian punggung.

Beberapa keunggulan Tengkleng Hohah antara lain :

  • rasanya sangat nikmat, kuah bening segar yang terasa gurih, ditambah irisan cabai, apalagi ditemani segelas jeruk hangat
  • tidak bau prengus/bau kambing
  • ngangeni/bikin rindu
  • nasi ambil sendiri, sehingga bisa menyesuaikan dengan tingkat kelaparan. Seporsi tengkleng 39 ribu cukup untuk 2-3 orang.
  • parkiran luas, boleh di depan maupun belakang
  • harga terjangkau (lihat gambar). Selain tengkleng ada sate, gulai, tongseng, nasi goreng dll.

Bagi yang mau ke Yogyakarta, bisa mampir makan di situ, lokasinya tak jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi lain terdekat dengan tempat makan ini adalah kebun binatang Gembira Loka, pusat kerajinan perak Kotagede, outlet pusat kaos Dagadu, dan komplek AURI (bandar udara Adisucipto). Ini lokasinya. Kalau dari stasiun Tugu/Malioboro/Kraton berjarak sekitar 11 km.