Tag

, , , , , ,

Penerbit Tekmira Press bersama Balitbang ESDM telah menerbitkan buku ” Aksi Hijau Di Lingkar Tambang, Keberlanjutan Lingkungan di Masa Depan” pada tahun 2019. Disamping sambutan-sambutan, buku ini terdiri dari 5 bagian utama yaitu : 1. Selayang pandang tentang tambang, 2. Dasar hukum dan regulasi, 3. Best practice, 4. Keberlanjutan di lingkar tambang, 5.Kolase foto hijau.

cover buku aksi hijau di lingkar tambang

Buku setebal 150 halaman ini terbit dengan banyak ilustrasi foto/gambar yang menarik untuk dilihat. Tambang yang diliput diantaranya Ombilin, Timah, Antam, Arutmin, Amman Mineral, NHM, MHU, Berau, Vale, Freeport, MSJ, KPC dll. Termasuk counter film sexy killer yang sempat beredar beberapa waktu lalu. Harus diakui bahwa tambang yang resmi berizin, memberi dampak yang jauh lebih bagus daripada tambang liar tanpa perencanaan dan pengawasan. Karena banyak ahli dan praktisi yang terlibat di dalam kegiatan tambang.

Buku ini dapat dibilang buku putih dari good mining practice / praktik penambangan yang baik dan benar yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan besar di Indonesia.

Buku dapat diunduh/muat turun melalui link di bawah