Tag

, , , , , , , , , , , , , ,

BRANKAS merupakan layanan pembelian dan penyimpanan emas yang ditawarkan oleh Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia. UBPP Logam Mulia merupakan salah satu unit bisnis PT ANTAM Tbk, suatu badan usaha milik negara dengan kepemilikan saham 65% negara dan 35% publik. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, PT ANTAM Tbk mempunyai unit usaha dan anak perusahaan yang terintegrasi vertikal dan terdiferensiasi horizontal dengan komoditas utama nikel, feronikel, emas, perak dan bauksit.

UBPP Logam Mulia merupakan satu-satunya pemurnian emas dan perak di Indonesia. Sejak 1 Januari 1999, UBPP Logam Mulia telah terdaftar sebagai Good Delivery List of Acceptable Refiners of Gold Bars dari LBMA (London Bullion Metal Association) yang menjamin keaslian produk (Au 99,99%) dan kualitas standar kelas dunia. Kompetensi inti UBPP Logam Mulia adalah refinering, manufacturing, assaying dan trading.

Produk UBPP Logam Mulia meliputi emas batangan mulai dari pecahan 1 gram s.d 1 kg, perak granule, dinar, dirham, perak nitrat, platinum labware, epdl, dll yang secara lengkap dapat dilihat di sini. Sebagai manufacture, UBPP Logam Mulia juga melayani customized product, baik berdasarkan proses stamping (press) seperti koin, maupun proses casting (cetak), misalnya cincin, lencana, medali. Sedangkan sebagai assayer, laboratorium UBPP Logam Mulia telah terkareditasi ISO 17025 dan KAN.

Harga hari ini untuk kisaran Berat (gram) : l0 sampai 100

Harga Beli Personal : 841.000

Harga Jual Personal : 793.000

Berikut pertanyaan yang paling sering den jawabannya :

FAQ BRANKAS

  1. Apa itu BRANKAS?
    BRANKAS adalah alternatif penyimpanan emas oleh PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia dengan tujuan :
    Berencana : edukasi publik mengenai perencanaan emas jangka panjang
    Aman : dijamin oleh Antam dan di-back up fisik
    Kelola : dikelola secara mandiri oleh konsumen
    Emas : emas kemurnian 99,99%
    sertifikat berstandar LBMA (London Bullion Market Association)
  2. Apa keunggulan BRANKAS?
    BRANKAS memberikan keunggulan sebagai berikut:
     Harga beli lebih murah
     Harga jual kembali (buy back) lebih tinggi
     Transaksi online di mana saja
     Dapat dicairkan dan dicetak kapan saja
     Produk emas dengan kemurnian 99,99% dan sertifikat berstandar LBMA
    (London Bullion Metal Association)
     Sistem keamanan terpadu 24 jam
     Di back-up secara fisik
     Dikelola oleh PT ANTAM Tbk sebagai anak perusahaan BUMN yang mempunyai
    proses terintegrasi vertical dari mulai dari penambangan, pengolahan, refinery,
    assaying, manufacturing & trading
     Jaringan Butik Emas LM tersebar di seluruh Indonesia
     Dapat dicairkan dalam bentuk fisik atau tunai (buy back) dengan harga kompetitif
     Kemudahan pembayaran zakat dan infaq bekerjasama dengan BAZNAS
  3. Apa yang dimaksud dengan LBMA?
    London Bullion Metal Association adalah lembaga internasional yang menyusun dan mengelola standar kualitas pemurnian emas dunia. Dengan standar ini LBMA menjamin nilai kemurniadan keaslian produk emas yang diperjualbelikan serta rantai pasokan emas yang bertanggung jawab atau bebas dari kegiatan pelanggaran HAM, pencucian uang dan terorisme (www.lbma.org.uk)
  4. Apa kelebihan produk emas Logam Mulia?
    Produk emas Logam Mulia disertai dengan sertifikat berstandar LBMA yang diakui di seluruh dunia dan dijamin keasliannya 99,99% sehingga produk Logam Mulia dapatditerima baik di dalam negeri maupun pasar internasional.
  5. Apa saja layanan BRANKAS?
    BRANKAS melayani pembelian emas pada harga BRANKAS yang lebih murah, penyimpanan emas, penjualan kembali (buy back) pada harga yang lebih tinggi, pencetakan sesuai dengan pecahan yang diinginkan dan kemudahan pembayaran zakat dan infaq bekerjasama dengan BAZNAS.
  6. Apa yang dimaksud dengan harga BRANKAS? Harga BRANKAS adalah harga beli bahan emas sebelum dikenakan biaya cetak. Harga ini lebih murah dibandingkan dengan harga retail di Kantor LM dan Butik Emas dan berlaku sama untuk seluruh wilayah.
  1. Bagaimana cara mendaftar sebagai anggota BRANKAS?
    Calon Pelanggan dapat melakukan pendaftaran secara langsung di Kantor LM atau Butik Emas LM di seluruh Indonesia. Setelah memahami “Persyaratan dan Ketentuan” Calon pelanggan diharapkan mengisi form registrasi dan melampirkan dokumen yang dipersyaratkan, diantaranya yaitu kopi kartu identitas yang berlaku (KTP), kopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan kopi Kartu Keluarga untuk keperluan ahli waris.
  2. Berapa biaya keanggotaan BRANKAS?
    Biaya keanggotaan BRANKAS berlaku satu tahun dan dapat diperpanjang (roll over) yang
    besarnya dibeda-bedakan berdasarkan jenis keanggotaan dan fasilitas coverage/limit
    yang diberikan:
    TypeKeanggotaan, Coverage/limit, Minimal Pembelian, Saldo Minimal, Biaya Administrasi
    Bronze 100 gram 1 gram 1 gram Rp 100.000 / tahun
    Silver 250 gram 1 gram 1 gram Rp 150.000 / tahun
    Gold 500 gram 1 gram 1 gram Rp 300.000 / tahun
    Platinum 1000 gram 1 gram 5 gram Rp 450.000 / tahun
    Diamond 2500 gram 1 gram 10 gram Rp 900.000 / tahun
    Prioritas 10000 gram 1 gram 20 gram Rp 2.500.000 / tahun
  3. Apakah memungkinkan melakukan upgrade jenis keanggotaan?
    Pelanggan dapat melakukan upgrade jenis keanggotaan dan hal ini disarankan kepada Pelanggan yang telah mencapai coverage/limit. Pelanggan dapat juga membuka jenis rekening yang sama untuk meningkatkan coverage, sehingga Pelanggan memiliki lebih dari 1 (satu) rekening.
  4. Apa yang dimaksud dengan kartu BRANKAS?
    Kartu BRANKAS adalah bukti kepemilikan emas Pelanggan di BRANKAS. Kartu BRANKAS berisi informasi nomor keanggotaan Pelanggan dan tidak berfungsi sebagai alat pembayaran serta tidak boleh dipindahtangankan.
  5. Bagaimana jika kartu BRANKAS hilang?
    Jika Pelanggan kehilangan kartu BRANKAS, maka dapat mengajukan penggantian kartu BRANKAS dan membayar biaya penggantian Rp 20.000.
  6. Bagaimana cara melakukan transaksi BRANKAS?
    Transaksi dapat dilakukan melalui aplikasi online http://www.brankaslm.com pada hari dan jam kerja, baik untuk transaksi pembelian, penjualan (buy back) maupun order pengambilan emas fisik. Untuk pendaftaran dan penutupan keanggotaan BRANKAS, Pelanggan diminta datang ke Kantor LM Pulogadung dan Butik Emas LM.
  1. Kapankah hari dan jam kerja BRANKAS?
     Kantor LM Pulogadung
    hari Senin–Jumat, pukul 09:00–16:00 WIB
    hari Sabtu, pukul 09:00 – 14:00 WIB
     Butik Emas LM
    Menyesuaikan jam kerja butik, silahkan kunjungi https://logammulia.com/id/contact
     Aplikasi Online
    Pembelian : Senin – Sabtu, pukul 09:00 – 20:00 WIB
    Perpanjang keanggotaan : Senin – Sabtu, pukul 09:00 – 20:00 WIB
    Cetak Fisik : Senin – Jumat, pukul 09:00 – 20:00 WIB
    Buyback : Senin – Jumat, pukul 09:00 – 16:00 WIB
    Untuk transaksi cek saldo dan riwayat transaksi, dapat dilakukan setiap hari.
  2. Apakah saldo emas dapat ditarik dalam bentuk uang tunai?
    Selain melayani pengambilan emas dalam bentuk fisik, saldo BRANKAS dapat ditarik dalam bentuk uang tunai mengikuti harga buy back BRANKAS yang lebih tinggi dibandingkan harga buy back emas fisik.
  3. Bagaimana cara atau metode pembayaran BRANKAS?
     Transaksi Offline
    Dapat dilayani pembayaran secara tunai, dan transfer virtual account
     Transaksi online
    Dapat dilayani pembayaran secara virtual account (VA),
    VA Mandiri hanya untuk Bank Mandiri,
    VA Permata bisa digunakan untuk bank Permata dan bank lainnya.
    BRIVA bisa digunakan untuk BRI dan bank lainnya.
  4. Bagaimana cara memastikan bahwa transaksi berhasil?
    Setelah melakukan transaksi, Pelanggan akan menerima email/ sms konfirmasi penambahan atau pengurangan saldo BRANKAS dan riwayat transaksi dapat diakses di http://www.brankaslm.com. Transaksi tidak dapat diproses apabila pembayaran belum diverifikasi lunas. Transaksi yang telah diproses tidak dapat dibatalkan.
  5. Bagaimana proses pengambilan fisik saldo emas?
    Pelanggan dapat mengambil emas fisik langsung ke Kantor LM Pulogadung dan Butik Emas LM atau dikirim ke alamat Pelanggan. Bilamana stok belum tersedia proses tunggu fabrikasi dan proses fabrikasi memerlukan waktu +7 hari (tujuh) hari kerja untuk pelanggan Individu, disesuaikan dengan jumlah dan jenis pecahan, kapasitas pabrik dan load refinery. Pengiriman emas bekerjasama dengan kurir pihak ketiga dan sudah termasuk asuransi.
  6. Kapan saldo emas Pelanggan dapat diambil?
    Pelanggan dapat menarik saldo emas BRANKAS dalam bentuk buy back atau pengambilan emas fisik sewaktu-waktu dengan menyisakan saldo minimal sesuai jenis.
  7. Apakah saldo emas Pelanggan dapat diambil semuanya?
    Saldo emas Pelanggan (termasuk saldo minimal yang harus disisakan) hanya dapat
    diambil semuanya pada saat penutupan.
  8. Dimana saja lokasi pengambilan emas?
    Pengambilan emas fisik dapat dilakukan di Kantor LM Pulogadung, Butik Emas LM dan pengiriman ke lamat Pelanggan dengan tarif mengacu pada jasa kurir pihak ketiga (RPX, G4S, CIGS). Info lebih lanjut mengenai lokasi Butik Emas LM, silakan mengunjungi https://brankaslm.antam.com/antam/folders/daftar-cabang-brankaslm.pdf
  1. Berapa biaya cetak emas fisik?
    Biaya cetak berbeda-beda untuk masing-masing jenis pecahan dan lokasi pengambilan. Harga belum termasuk PPN dari biaya cetak.
  2. Berapa saja pecahan emas batangan yang dapat ditarik di BRANKAS?
    Pecahan emas batangan BRANKAS tidak berbeda dengan pecahan emas batangan logam mulia Antam yang dijual retail oleh PT ANTAM Tbk – UBPP Logam Mulia dan Butik Emas LM, yaitu mulai dari pecahan 1gram, 2gram, 3gram, 5gram, 10gram, 25gram, 50gram, 100gram, 250gram dan 500gram yang masing-masing telah disertai dengan sertifikat.
  3. Bagaimana jika Pelanggan lupa password dan lupa User ID ?
    Apabila Pelanggan lupa atau salah memasukkan password sampai dengan 3 (tiga) kali, maka untuk keamanan transaksi, akun BRANKAS Pelanggan akan dibekukan. Untuk mengaktifkan kembali, Pelanggan diharapkan menghubungi Kami atau melaporkannya kepada brankas@antam.com untuk selanjutnya dapat dikirimkan email aktivasi kembali.
  4. Bagaimana cara Pelanggan mengetahui saldo emas di BRANKAS ?
    Informasi mengenai saldo emas Pelanggan dapat diakses di website dengan login masing-masing. Disamping cek saldo, Pelanggan juga dapat mengetahui riwayat transaksi. Selain melalui cabang Butik Emas Logam Mulia.
  1. Bagaimana jika Pelanggan tidak membayar biaya tahunan ?
    Jika Pelanggan tidak membayar biaya tahunan, maka akun Pelanggan akan dibekukan sampai dengan Pelanggan membayar perpanjangan biaya tahunan. Pelanggan akan menerima email/ sms notifikasi sebelum masa keanggotaan berakhir. Setelah batas keanggotaan berakhir, Pelanggan diberikan masa toleransi 3 (tiga) bulan, apabila tidak juga melakukan pembayaran perpanjangan biaya tahunan, saldo emas Pelanggan akan di-buy back mengacu harga pada hari penutupan dan ditransfer ke rekening Pelanggan.
  2. Bagaimana jika Pelanggan meninggal dunia ?
    Jika Pelanggan meninggal dunia, maka saldo emas Pelanggan menjadi hak ahli waris sesuai informasi pada form pendaftaran. Ahli waris berhak melakukan penjualan (buyback) atau pengambilan fisik dengan membayar biaya yang timbul dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan, yaitu akta kematian, surat nikah atau kopi KK dan kartu identitas ahli waris yang masih berlaku. Keanggotaan Pelanggan yang meninggal dunia tidak dapat dilanjutkan oleh ahli waris.