Tag

, , , , , , , , , , , ,

Insyaallah Jumat 31 Juli 2020 umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha 1441 H. Salah satu amalan ibadah adalah berkurban hewan ternak bagi yang mampu. Beberapa tahun terakhir saya melakukan kurban online, selain karena di lingkungan banyak yang sudah berkurban, juga lebih efisien dan lebih tepat sasaran, utamanya menjangkau daerah minus yang rawan. Selain itu harga yang ditawarkan kadang lebih murah, karena ternak di daerah luar Jawa/Indonesia biasa lebih murah. Bisa juga lembaga penyelenggara kurban mempunyai kemitraan dengan peternak jauh hari sebelum pelaksanaan kurban.

Hukum, makna, jenis hewan, dan ketentuan ibadah kurban

Beberapa lembaga kurban yang tergolong bonafide adalah dompet dhuafa (DD), PKPU Global Qurban dan Daarut Tauhid. DD dan PKPU adalah salah dua yang rutin tempat kurban online. Mereka memberikan laporan sejak dana diterima, kapan akan dilaksakan dan laporan beserta foto hewan kurban. Kadang juga ada souvenir berupa bolpoin, buku agenda, tas belanja tergantung persediaan, dan yang pasti sertifikat kurban yang tertempel foto hewan kurban dan masyarakat penerima daging kurban.

Silakan berkurban (klik link) di :

  1. Dompet Dhuafa. Pembayaran bisa transfer BCA, Mandiri, BNI, Muamalat, Maybank Syariah, atau online dengan LinkAja, Dana, CIMBClick, Shopeepay, OVO, kartu kredit Visa/Master. Selain di laman mereka sendiri, tahun 2020 juga bermitra dengan Tokopedia. Kelebihannya jika menggunakan kartu kredit bisa dicicil hingga 12x. Beberapa tulisan yang menjelaskan bolehnya cicilan ada di Rumaysho, Republika, muslim.or.id. Harga mulai Rp 1,49 juta untuk seekor kambing kurban.
  2. PKPU Solusi Peduli. Mulai Rp 1,441 juta untuk 1/7 ekor sapi early bird hingga 5 Juni 2020.pkpu sepertujuh sapi
  3. Global Qurban ACT Mulai Rp 2,15 juta untuk 1/7 ekor sapi atau seekor kambing.
  4. Daarut Tauhid. Mulai Rp 1,75 juta.

Kalau melihat harga yang tertera saat ini, harga relatif sama dengan kurban tahun 2018 .

Jika mengacu harga kambing zaman nabi 1 Dinar (4,25 gram emas) maka dengan harga emas sekarang Rp 800 ribu/gram, harga kambing idealnya 3,4 juta/ekor. Kemungkinan emas saat ini kemahalan atau karena memang harga hewan ternak turun seiring lemahnya daya beli akibat Covid-19. Pengalaman 10 tahun terakhir berkurban harga kurban selalu di sekitar 1 Dinar baik untuk 1 ekor kambing maupun 1/7 ekor sapi. Dengan harga kambing Rp 1,7 juta/ekor berarti sama dengan 1/2 Dinar. 1 Dinar dapat 2 ekor kambing. Murah sekali. Ada yang punya pendapat ?