Tag

, , , , , ,

Dengan batalnya tiket Batik Air dari Bangkok ke Jakarta, mau tak mau tiket Citilink Jakarta ke Yogyakarta juga saya batalkan. Tiket Citilink ini saya beli di Tiket.com. Masih terkait pandemi Covid-19, saya batalkan dengan alasan tersebut pada tanggal 9 April 2020 lalu. Ternyata  permintaan refund dengan alasan tersebut ditolak oleh customer service Tiket.com dengan alasan penerbangan saya 21 Agustus 2020 di luar waktu refund terkait pandemi Covid-19 yaitu sampai dengan 31 Mei 2020. Yang refundnya berupa voucher yang berlaku sampai 20 Juli 2020. Akhirnya saya refund atas permintaan penumpang yang meski dapat 75% tapi cash ataupun dikembalikan ke rekening kartu kredit. Prosesnya 30 hari  kerja.

Amount of Refunds
In accordance with the applicable regulation, we will make refunds to you or the person who has paid for the Ticket or to that person’s order in the percentage as set out in the following schedule:

≥ 72 hours before flight 75% (seventy five percent) of the base Tariff
48 – < 72 hours before flight 50% (fifty percent) of the base Tariff
24 – < 48 hours before flight 40% (forty percent) of the base Tariff
12 – < 24 hours before flight 30% (thirty percent) of the base Tariff
4 – < 12 hours before flight 20% (twenty percent) of the base Tariff
< 4 hours before flight 10% (ten percent) of the base Tariff

Saya tunggu sampai 20 Mei 2020 (42 hari), kok belum masuk juga. Atas dasar itu saya coba hubungi Citilink (via live chat) untuk menanyakan apakah refund saya sudah ditransfer ke Tiket.com, ternyata sudah.

Lalu saya hubungi customer service Tiket.com melalui whatsapp (0855 1500 878) beserta screenshoot live chat saya dengan customer service Citilink, mereka minta bersabar, karena masih dalam antrian, lalu mereka hentikan percakapan. Karena belum puas, saya buka lagi percakapan menanyakan hal itu lagi dan diterima CS yang lain. Akhirnya CS tersebut bilang ini baru 27 hari kerja kak, jadi sabar menunggu. April Mei ternyata banyak tanggal merah, dari 42 hari, ternyata 15 hari adalah weekend dan tanggal merah. Travel agent sudah terima uang dari maskapai kenapa masih ditahan-tahan. Terakhir saya email ke cs@tiket.com dan mereka segera membalasnya, kurang lebih isinya sama dengan chat WA, klaim sedang dalam antrian.

Pagi ini saya cek di kartu kredit ternyata sudah ada kredit berupa refund dari tiket.com senilai 75% harga tiket terdahulu. Alhamdulillah.