Tag

, , , , , , , ,

Bagaimana cara berhemat saat krisis Covid-19 ini yang menyebabkan krisis ekonomi dan belum ada kepastian kapan berakhir. Pagi ini saja harga minyak dunia -29 USD, artinya produsen minyak membayar pihak yang mau mengangkut cadangan minyaknya dan penyimpanan, karena permintaan minyak dunia (untuk pesawat, mobil, motor dll) pada posisi terendah.

Lebih dari 16 juta orang di dunia kehilangan pekerjaan. Di Amerika beberapa kebijakan dilakukan pemerintah misalkan bantuan pangan, penundaan pembayaran kredit pendidikan hingga September 2020 dll. Di Indonesia ada program prakerja, dan bantuan sembako untuk rakyat paling parah terdampak. Di luar itu rakyat harus berusaha sendiri untuk mengatur keuangannya.

Apa saja yang dapat dihemat ?

  1. Makanan minuman.

Saat ini dibatasi makan di tempat umum, delivery juga cukup beresiko jika penanganannya kurang baik. Memasak sendiri menjadi alternatif selama #dirumahaja. Selain kita mengetahui kandungan makanan dan kebersihannya, juga bisa menghemat 75% daripada membeli di restoran seperti pizza yang saya buat kemarin. Konsekuensinya memang ekonomi kurang berputar. Beli bahan pangan di pasar/supermarket pun harus jaga jarak dan menghindari keramaian/kepadatan. ini tips belanja saat wabah Covid-19. Bisa juga belanja makanan online yang ada cashbacknya.

2. Pinjaman

Memang banyak insentif yang diberikan saat ini untuk pembayaran pinjaman, seperti pengurangan suku bunga, penundaan pembayaran dan perpanjangan masa cicilan. Kalau ada uang sebaiknya dilunasi saja, karena ketidak pastian di depan. Daripada masih punya tanggungan di depan, bereskan saat ini juga. Kalau belum punya uang untuk melunasi, bisa saja ikut insentif tersebut.

3. Hang out

Jika biasanya kita bisa ke kafe, restoran, bioskop, wahana hiburan, dengan tutupnya tempat tersebut maupun kesadaran diri untuk menjaga jarak, di masa pandemik ini kita bisa menggunakan pola 50/30/20. 50% untuk kebutuhan (sembako, listrik, internet, BBM dll), 30% untuk keinginan (pakaian baru, gadget dll), dan 20% untuk bayar hutang/cicilan. Bisa juga mengisi waktu dengan berbagai pelatihan gratis yang ada di internet.

4. Langganan

Saatnya mengurangi biaya langganan yang tidak perlu, misal yang bisa disubtitusi dengan tayangan di Youtube, internet dll dan bisa dikerjakan di rumah.

5. Transportasi

Dengan #dirumahaja sebenarnya sudah banyak menghemat biaya bahan bakar. Seperti yang saya rasakan, bensin untuk sebulan, sekarang sudah 2 bulan masih ada setengah tangki. Mungkin baru habis dalam 4 bulan.

6. Pakaian

Berhubung #dirumahaja, pembelian baju untuk hangout juga bisa dipangkas. Mungkin yang masih diperlukan adalah baju yang nyaman untuk dipakai di rumah.

7. Perawatan taman

Jika punya taman, biasanya perlu tukang rumput untuk memotong rumput yang ada di taman. Jika tukang rumput pulang kampung, bisa dikerjakan sendiri. Sekalian berkebun/bercocok tanam sayur, dimana cuaca berhujan saat ini cocok untuk pertumbuhan tanaman. Bisa juga mengurangi biaya belanja sayur di saat kelangkaan stok.

8. Kebersihan rumah

Jika biasanya pakai jasa kebersihan, karena #dirumahaja, pembersihan rumah bisa dikerjakan sendiri. Pemerintah juga menghimbau seminimal mungkin orang yang datang dan pergi ke rumah selama pandemi Covid-19 ini.

Pandemi Covid-19 dialami oleh hampir semua negara di bumi ini. Economic social sharing yang akhir-akhir ini menjadi trend dunia kembali surut, dimana #dirumahaja dianggap lebih aman/selamat. Sebelum pandemi ini berakhir, kita ikuti saja arahan dari pemerintah.