Tag

Semenjak kecil saya suka menonton acara olahraga di TV khususnya multi event seperti PON, SEA (South East Asia) Games, Asian Games maupun Olimpiade. Dan menemukan kenyataan untuk PON yang masuk 3 besar selalu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur (urutan berubah-ubah). Untuk SEA Games, sejak 1977 sampai 1997 Indonesia hampir selalu juara, sesudah itu yang juara adalah tuan rumah. Untuk Asian Games juaranya selalu China, Jepang, Korea Selatan. lainnya penggembira. Prestasi luar biasa Indonesia terjadi di Asian Games 2018 dimana menduduki peringkat 4 dengan 31 medali emas.

Nah, untuk SEA Games 2019 ini diadakan di Filipina. Tidak banyak berharap, karena pemerintah sendiri hanya ingin peringkat lebih baik daripada SEA Games 2017 Kuala Lumpur dimana cuma di posisi 5 dengan 38 medali emas. Sungguh tak elok sebagai raksasa Asia Tenggara.

Sampai hari ini, Jumat, 6 Desember 2019, Indonesia mampu merangsek ke peringkat 2 dengan 40 medali emas, berarti sudah melampaui pencapaian event Sea Games sebelumnya. Masih ada 5 hari lagi sampai 11 Desember 2019 event ini berlangsung, masih banyak kemungkinan terjadi. Kita berharap Indonesia mampu menunjukkan diri sebagai raksasa olahraga Asia Tenggara yang sudah bangun.

Gempita SEA Games 2011 dan Asian Games 2018 di Jakarta membawa kenangan indah atas prestasi atlet-atlet Indonesia. Semoga terulang.

Selasa, 11 Desember 2019

Hari ini SEA Games 2019 berakhir dengan upacara penutupan nanti sore, dipastikan Indonesia ada di peringkat 4, setingkat lebih baik daripada 2 tahun lalu dengan penambahan 34 medali emas. Dari segi medali sudah sesuai target, namun dari target peringkat 2 tidak tercapai. Prestasi monumental dicapai salah satunya oleh tim bola voli putra yang mendapat emas, dan sepakbola putra yang mendapat medali perak setelah kalah dari Vietnam.

Olahraga multievent ini mengukur prestasi dari medali yang diraih, tidak peduli olahraga yang susah perlu berkali-kali pertandingan dan banyak pemain atau hanya pemain individu dan langsung final diikuti 3 peserta. Maka dari itu perlu kecerdikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berstrategi yang efektif dan efisien agar tim Indonesia dapat medali emas sebanyak-banyaknya, tidak terpaku pada olahraga tertentu yang populer saja, karena tolok ukurnya adalah medali yang diraih, tidak peduli seberapa susah atau mudah mendapatkannya.

Ini rapor perolehan medali Indonesia di SEA Games 2019 Filipina :

sea games 2019 medals