Tag

, , ,

Paspor adalah buku identitas diri untuk bepergian ke luar negeri. Saat keluar dan masuk suatu negara buku ini diperiksa dan akan diberikan stempel tanda masuk maupun keluar. Dalam beberapa tahun ini, dibeberapa negara tujuan kadang tidak diberikan stempel. Hanya scan buku dan sidik jari saja.

Untuk paspor yang kadaluarsa nya kurang dari 6 bulan, sebaiknya segera diganti, karena tidak ada negara yang menerima kunjungan turis yang paspor kedatangan dan balik kurang dari 6 bulan dari tanggal kadaluarsa paspor. Untuk itu paspor harus segera diganti yang baru. Istilah diganti karena nomor paspor berubah ketika membuat paspor baru.

Jika penggantian paspor melewati batas kadaluarsa, kita harus melengkapi dokumen yang cukup banyak, sedangkan apabila sebelum kadaluarsa kita hanya perlu membawa KTP-EL setempat dan paspor yang akan diganti.

Apabila KTP-EL luar daerah/provinsi, harus ditambah lagi surat keterangan domisili yang ditanda tangani Ketua RT, RW, Lurah dan Camat untuk memastikan domisili dan kegiatan pemohon (pindah kerja, mahasiswa dll). Proses surat domisili ini agak memakan waktu, karena harus ketemu yang bersangkutan atau yang mewakili serta mendapat cap instansiinstansi (contoh terlampir)

Berhubung beberapa imigrasi tidak menyediakan antrian go show, ada baiknya mendaftarkan antrian di aplikasi imigrasi. Antrian dibuka tiap hari Jumat pukul 14.00 untuk beberapa hari ke depan. Setelah lengkap (dokumen & antrian) tinggal kita bawa ke kantor imigrasi terdekat sesuai antrian. Kalaupun antrian tertulis jam 11.00-12.00 datang jam 7.30 pun bisa, karena akan ada proses :

  1. Isi formulir. untuk isi formulir dalam map kuning kita perlu tunjukkan booking antrian. Yang diisi formulir permohonan dan surat pernyataan, siapkan materai 6000 satu lembar. Kalau KTP-EL luar daerah bawa juga surat keterangan domisili yang ditanda tangani lengkap dan dipasang materai 6000.
  2. Pemeriksaan dokumen. Masukkan formulir, paspor yang akan diganti, KTP-EL. Petugas akan memeriksanya. Apabila sudah OK, maka kita akan dapat antrian foto. Apabila kurang, dalam map akan ditulis kekurangannya apa, dan dikasih waktu 7 hari untuk kembali. Jika tidak kembali kita baru bisa daftar antrian lagi 30 hari.
  3. Pengambilan foto. Akan ada wawancara pekerjaan, domisili, rencana dan tujuan ke luar negeri dalam waktu dekat. Jangan lupa sebutkan mau paspor biasa atau paspor elektronik. Karena petugas kadang lupa. Lalu menunggu giliran foto. Karena foto paspor berlaku 5 tahun maka usahakan dandan serapi mungkin. Data yang sudah masuk tak bisa dibatalkan. Setelah foto, tanda tangan formulir. Ada kertas untuk pembayaran. Paspor biasa Rp 350 ribu, paspor elektronik Rp 650 ribu.
  4. Bayar di bank atau kantor pos keliling yang kadang parkir di depan kantor imigrasi. Tunggu 3 hari setelah pembayaran untuk pengambilan paspor biasa, sedangkan paspor elektronik perlu 2 minggu.
  5. Pengambilan paspor.

Proses ganti paspor saat ini lebih rumit dibandingkan 4 tahun lalu waktu ganti paspor yang cukup paspor lama dan KTP-EL.Kerumitan itu berupa surat keterangan domisili RT RW Kelurahan hingga Kecamatan. Ada tambahan biaya kas RT RW (seikhlasnya).

Total biaya ganti paspor biasa 48 halaman (tidak ada opsi 24 halaman lagi) :

  • Map dan blangko : gratis
  • Materai dibubuhkan ke surat pernyataan: Rp 6.000
  • Biaya paspor biasa : Rp 350.000

Total : Rp 356.000

Kontak WhatsApp Imigrasi kelas 1 Yogyakarta : 081327150005

Selamat Datang di WhatsApp Gateway Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta
Ketik *LIST* atau *MENU* untuk menampilkan keyword yang dikenal

*Perhatian*
📞 Setiap panggilan telepon melalui WhatsApp akan diabaikan oleh sistem.
🤳 Setiap pengiriman pesan yang sama dan berulang-ulang dapat menyebabkan nomor Anda diblokir oleh sistem.