Tag

, , , , , ,

Hari Jumat lalu saya ke Jakarta dari Yogyakarta naik kereta api Jayakarta Premium yang berangkat dari stasiun Tugu Yogyakarta pukul 20.37 dan tiba di stasiun Jakarta Kota pukul 5.57. Lama perjalanan 9 jam 20 menit.

Kereta ini semua gerbongnya adalah gerbong premium ekonomi. Ada 8 rangkaian gerbong. Premium ekonomi ini formasinya 2-2 sebanyak 22 baris. Dari Yogyakarta ke Jakarta (barat) kursi nomor 12-22 menghadap searah kereta, sedangkan kursi 1-11 berlawanan arah kereta. Semua kereta premium ekonomi begitu susunannya sekarang.

Fasilitasnya TV di tengah, AC sentral, lampu baca, kursi dapat direbahkan, ada colokan)steker listrik, ada 2 toilet di tiap gerbong. Pengalaman kemarin toiletnya sangat sempit.

Oh ya, untuk melengkapi tersedia fasilitas penyewaan bantal dan selimut, saat ini masing-masing 7 ribu Rupiah. Kalau haus bisa beli makanan siap saji 33 ribu, teh premium 15 ribu dan air mineral aqua 6 ribu 600 ml. Lebih enak makan di gerbong restorasi yang biasanya ada di tengah rangkaian kereta. Tapi kalau bawa barang berharga yang susah dibawa, lebih baik tunggu petugasnya keliling menjajakan makanan minuman.

Tarif kereta api Jayakarta Premium dari Yogyakarta ke Jakarta mulai Rp 220 ribu. Kereta ini jarang berhenti, hanya di Kutoarjo, Purwokerto, Cirebon, Jatibarang, Jatinegara dan terakhir Jakarta Kota Stasiun terakhir ini sangat menarik karena saat ini sudah direnovasi. Oh ya, stasiun Jakarta Kota ini sebagai awal/akhir perjalanan ke Surabaya Gubeng, dengan salah duanya mampir di kota Yogyakarta dan Solo.