Tag

, , ,

KRL Komuter adalah kereta rel listrik komuter mengelilingi Jakarta dan daerah sekitarnya (Bogor, Tangerang, Bekasi).

Ada rute Jatinegara-Bogor, Jakarta Kota-Bogor dan Bekasi-Jakarta Kota. Ada juga rute dari Tanah Abang yang menuju Tangerang Selatan dan juga rute Duri menuju Tangerang.

Sabtu Minggu lalu saya coba rute Jatinegara-Bogor. Hari Sabtu berangkat dari stasiun Tanah Abang ke Bogor, sedangkan Minggu dari Bogor ke Pasar Senen.

Dari stasiun Tanah Abang ke Bogor rata-rata ada 2x jadwal per jam. Berhenti di Sudirman, Manggarai, Tebet, UI, Depok dan Bogor serta beberapa stasiun lain. Dari Tanah Abang biasa penuh, lalu longgar ketika sampai Manggarai. Sekitar 1 jam perjalanan dari Tanah Abang ke Bogor.

Sedangkan dari Bogor ke Pasar Senen lebih lama lagi. Karena dari arah Bogor KRL tidak berhenti di Pasar Senen, maka bablas saja naik sampai stasiun Jatinegara. kebetulan kereta yang saya naiki pukul 15.20 dari Bogor ini dipakai balik lagi ke Bogor setelah tiba di Jatinegara pukul 17.30, maka kami tak perlu turun. Kereta berangkat lagi pukul 17.45 dan tiba di stasiun Pasar Senen pukul 18.00.

Tarif naik KRL Komuter ini sangat murah, hanya Rp 6 ribu, jauh dekat, lama sebentar. Pembayaran nya dengan tempel kartu di gerbang yang bisa pakai kartu emoney, flazz, tapcash, brizzi dll. Jauh lebih murah dari taksi online, karena saya cek di aplikasi Grab , tarif dari kebun raya Bogor ke stasiun Pasar Senen Rp 130 ribu.

Namun harus toleransi memberikan tempat duduk ke lansia, ibu hamil dan kaum difabel. Ada sekuriti yang mencarikan tempat duduk buat mereka. Siap siap berdiri saja untuk kita yang masih sehat wal afiat. Cuma saya lihat agak jarang keberadaan mereka. Untuk dapat info update (misal perubahan jadwal) silakan follow twitter @commuterline atau baca jadwal dan rute terupdate di http://www.krl.co.id/unduh-jadwal-terbaru-krl-3/

Jangan lupa jaga keselamatan diri, meskipun ada sekuriti tiap gerbong, masih ada saja kabar orang kecopetan, mengalami pelecehan seksual di KRL dsb. Ini suasana KRL Tanah Abang ke Bogor jam 11 siang. Mungkin lebih padat lagi saat jam berangkat/pulang kerja.

KRL Komuter ini murah dan tepat waktu. Untuk semua kalangan.