Tag

, ,

Kemarin kami sempatkan nonton film Bebas di CGV Transmart Maguwo Yogyakarta. Promo yang sedang berlangsung misalnya buy 1 get 1 free pakai debit Mastercard di bookmyshow.co.id, dan cashback 70% pakai DANA di aplikasi Tix ID. Sempat pula beli popcorn caramel 40 ribu dan es teh 20 ribu. Ketika akan masuk tas penonton diperiksa. Camera dan makanan minuman yang dibeli di luar CGV harus dititipkan.

Film dimulai tepat waktu. Pertama muncul Vina yang mendatangi emaknya di rumah sakit bawa hadiah tas LV. Di rumah sakit dia ketemu teman lamanya/satu gank di SMA, Kris yang sedang menunggu ajalnya dan ingin reunian dengan dengan teman satu gank. Dari situ cerita mulai mengalir. Hingga akhirnya reunian terjadi di saat Kris sudah meninggal.

Ceritanya cukup akurat, seperti ibu Vina yang istri PNS sekamar bertiga (jatah BPJS/Askes), seragam SMA tahun 1990-an dan berbagai asesoris yang dibuat sangat mirip dengan zaman tersebut. Kurangnya mungkin kemeriahan 50 tahun Indonesia merdeka waktu itu tidak tergambar. Film ini menggambarkan “perjuangan anak SMA” menghadapi bully/perundungan teman, cita-cita mereka, dan kehidupan mereka kini. Pasang surut kehidupan. Tapi, endingnya happy dan sepertinya akan ada lanjutan/sekuelnya karena masih banyak meninggalkan tanya. Tampilan filmnya sangat bagus, beda dengan film kekinian yang mirip sinetron.

Film karya Mira Lesmana dan Riri Reza sepanjang 1 jam 59 menit ini recommended untuk ditonton.

film Bebas