Tag

, , , , , , , ,

Dua minggu lalu menjadi pengalaman pertama saya menggunakan Grab di Malaysia. Grab memang asli Malaysia, seperti halnya Gojek asli Indonesia. Maka dari itu saya mencobanya di negara asalnya.

logo grab

Yang penting dalam memesan Grab di Malaysia adalah :

  1. Data internet. Data internet lebih murah kalau beli langsung di bandara Kuala Lumpur, yang murah ada Digi, Tunetalk. Harga sekitar 20 Ringgit (70 ribu Rupiah) buat seminggu. Atau bisa dipesan dari Klook dan diambil di KLIA2 mulai harga 59 ribu Rupiah untuk 12 GB data Celcom berlaku 7 hari. Data roaming paling murah Indosat IM3 yang ada paket 150 ribu untuk seminggu.
  2. Aplikasi Grab. Aplikasi Grab yang diunduh dari Indonesia dapat langsung digunakan, apalagi setelah ada fitur chat yang membuat komunikasi dengan calon driver menjadi mudah dan murah. Kelebihan aplikasi Grab yang diunduh dari Indonesia adalah dapat digunakan tanpa harus foto wajah saat akan memesan seperti halnya akun Grab Malaysia. Foto wajah ini bertujuan untuk keamanan, karena pernah ada kasus kriminal warga lokal Malaysia yang menggunakan akun orang lain. Namun dengan foto ini memperlambat pemesanan. Rekan seperjalanan yang orang Malaysia gagal memesan Grab gara-gara harus foto di saat malam yang gelap. Padahal saat itu sangat perlu segera.
  3. Cara pembayaran. Dulu ada yang bilang bisa pakai OVO, tapi pengalaman kemarin saldo akun OVO tidak dimunculkan, hanya muncul pilihan bayar tunai atau bayar pakai Paypal. Penggunaan Paypal kena charge 1 USD (Rp 14 ribu) tiap transaksi.
  4. Grabfood dan Grabbike. Di Malaysia tidak muncul tombol Grabbike karena belum ada. Sedangkan Grabfood masih sedikit merchant yang bekerjasama dan didominasi pemain besar seperti KFC, Pizza Hut, A&W dll.
  5. Sama dengan di Indonesia, di lokasi dan waktu tertentu susah dan mahal pesan Grab. Satu hal lagi Grab Malaysia tak hanya menggunakan mobil pribadi/perorangan, tapi juga taksi resmi berargometer (saat pakai aplikasi Grab bayar sesuai dengan aplikasi). Seperti dapat taksi Blue Bird saat pesan di aplikasi Gojek Indonesia.

Kemudahan menggunakan aplikasi Grab saat di Malaysia menggunakan aplikasi Grab yang diunduh di Indonesia memberikan kenyamanan khususnya di waktu dan tempat yang tidak beroperasi transportasi umum. Semoga Gojek juga dapat izin operasi di Malaysia agar ada pilihan lain.