Tag

, , , , , , , ,

Sudah cukup lama saya mendengar nama KLM, maskapai nasional negara Belanda. Sangat erat hubungannya dengan Indonesia, karena dahulu Indonesia merupakan koloni Belanda yang pertama terhubung dengan pesawat udara pada tahun 1924 dengan penerbangan dari Amsterdam ke lapangan terbang Andir (Husein Sastranegara) Bandung.

Bagaimana pengalaman naik KLM ini ?

  1. Saya dapat tiket murah bulan Mei 2019 lalu. Sekali jalan Kuala Lumpur- Jakarta 1,2 juta Rupiah untuk 2 orang termasuk bagasi 23 kg plus kabin 12 kg. Kabar terkini harga segitu tidak dapat bagasi, cuma dapat jatah kabin. Kalau dengan bagasi 900 ribu Rupiah per orang.
  2. Sebelum beli tiket sebaiknya download aplikasi KLM dan mendaftar sebagai anggota. Karena dengan keanggotaan, setiap penerbangan dan pembelian tambahan (bagasi, souvenir, makanan dll) akan mendapat poin yang dapat ditukar. Selain itu apabila ada promo/kabar terbaru kita dapat update nya.
  3. Dari Kuala Lumpur berangkat dari KLIA, sedangkan di Jakarta tiba di terminal 3 Soekarno Hatta. Demikian sebaliknya. Menandakan ini maskapai full service. Lokasi check in Kuala Lumpur di deretan meja J.
  4. Pesawat yang digunakan ada pesawat jumbo dengan penumpang diatas 300 orang, Kalau tidak Boeing 777, ya Boeing 787. Jarang pakai pesawat lain.KLM kami
  5. Makanan minuman diberikan gratis. Untuk makanan terkadang nasi dengan lauk, tapi lebih sering hot snack. Kemarin saya dapat lumpia isi nasi goreng ayam. Minumnya aneka jus, air putih, wine juga ada.
  6. Kru kebanyakan berusia di atas 40-50 tahun. Ramah dan perhatian. Ada juga yang muda.
  7. Setiba dari Amsterdam semua kru dan penumpang turun pesawat, menunggu di ruang tunggu, lalu diperiksa lagi (lepas sepatu dan asesoris) bersama penumpang dari Kuala Lumpur sebelum masuk ruang boarding.
  8. Meski cuma 2 jam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Jakarta, tetapi mereka jualan souvenir. Untuk edisi spesial 100 tahun KLM mereka jual miniatur pesawat 787 Dreamliner skala 1:250 seharga 15 Euro (225 ribu Rupiah) dan pendeteksi kematangan telur bergambar bangunan khas Belanda. Bayarnya paling mudah pakai kartu kredit dengan verifikasi tanda tangan.
  9. Naik KLM tak harus ke Amsterdam. Jakarta ke Kuala Lumpur pun ada, dan dilayani dengan sepenuh hati.