Tag

, , , , , , , , ,

Ini merupakan pengalaman ke sekian kali naik Air Asia, karena selain murah, juga maskapai terbaik dunia untuk low cost carrier. Gelar terbaik ini memang pantas didapat karena programnya selalu menarik, seperti “Big Sale”, “Great Sale”,” Final Call” dll. Semua dilakukan dengan serius tanpa membuat kebingungan calon penumpang. Itu sudah saya rasakan sejak pertama naik Air Asia tahun 2010 lalu. Sementara maskapai nasional sampai sekarang begitu-begitu saja. Lebih memaksakan harga tiket (regulasi) tanpa memikirkan kepuasan konsumen. Bersyukur masih ada Air Asia di Indonesia ini.

Paling nyata adalah manage my booking. Sementara Garuda, Lion, Batik, Malindo fungsi membership nya masih terbatas, Air Asia sudah menawarkan pembelian makanan, minuman, bagasi, souvenir, asuransi dll. Sudah beberapa kali lebih maju di depan. Website http://www.airasia.com juga jauh lebih berbobot daripada misal http://www.lionair.co.id yang dari dulu hingga sekarang cuma bisa buat beli tiket dan check in online. Maka dari itu liburan ke Singapura dan Malaysia tahun ini saya kembali pilih Air Asia meski saat beli lebih mahal dari Malindo dan Lion Air.

Yogyakarta-Singapura, 8 Agustus 2019 7.25 pagi. Check in menggunakan mesin karena tidak ada bagasi, sempat kena random check koper yang ternyata pas 7 kg. untuk perjalanan seminggu 6 baju dan 3 bawahan beserta alat mandi kalau ditimbang pas 7 kg. Saat sudah naik pesawat mendapat pembagian makanan pesanan berupa ayam panggang dan ayam asam manis ala korea, totalnya 74 ribu sudah termasuk 2 gelas kopi+gula+krimer. Enak sekali. Pramugara nya juga atraktif menawarkan souvenir. Seperti yang kami lihat penumpang asing (Chinese Amerika) di depan yang masih punya segepok pecahan 100 ribu rupiah tanya, uang ini bisa buat beli apa saja?, pramugaranya menjawab, bisa beli semua yang ada di katalog. Maka satu persatu produk souvenir seperti payung, model pesawat, kaos dll berpindah ke penumpang tersebut. Pramugara menanggapi dengan baik dan serius bahkan mengecek dengan membuka payung di lorong pesawat, atraktif sekali. Saya yang beli freshcare isi 3 seharga 50 ribu pun dilayani dengan baik.

Jakarta-Yogyakarta, 14 Agustus 2019 8.55 malam. Check in diterminal 2 D deretan meja 25-32. Layanan drop bagasi baik dan cepat. karena untuk penerbangan domestik ada jatah 15 kg untuk masing-masing penumpang, saya bagasikan pakaian dan oleh-oleh dari Malaysia. Terminal 2D terlihat lebih unik dan cantik daripada terminal 3 tadi. banyak ukiran dan tampak baru direnovasi. Proses boarding berlangsung cepat. Saya duduk di kursi 23A mendapat giliran boarding zona 2 setelah zona 1 masuk. Pesanan ayam teriyaki dan ayam kemangi thailand disajikan hangat bersama air mineral. Penjualan souvenir saya tidak ingat karena sudah mengantuk. Dua pramugari di rute ini saya lihat terbang di rute dari Yogyakarta Singapura minggu lalu, saya ingat dari potongan rambutnya. Pelayanan ramah dan memuaskan.

Bravo Air Asia!!!