Tag

, , , , , , ,

Berikut adalah negara-negara dengan paspor terkuat di dunia yang dilansir dari Business Insider edisi 23 Mei 2018, bersumber dari firma Henley & Partners yang mengkompilasi data pemerintah dari 200 negara, teritori, dan negara mini dan menyusunnya dalam The Henley Passport Index 2018.

1. Jepang – 189 negara

Melewati Singapura yang awal tahun ini sama-sama nomor 1 dengan 180 negara bebas Visa. Tambahan 9 negara yang membebaskan warga berpaspor Jepang untuk masuk ke wilayahnya tanpa Visa (atau bisa dengan visa on arrival/kedatangan) mulai tahun ini yaitu Palestina, Vatikan, Monako, San Marino, Lichtenstein, The Faroe Islands, Greenland, Andorra, dan Benin.

2.Jerman dan Singapura -188 negara

Sama dengan Jepang kecuali Benin

3.Finlandia, Perancis, Italia, Korea Selatan, Spanyol dan Swedia -187 negara

4.Austria, Luxembourg, Belanda, Norwegia, Portugal, Inggris, dan Amerika Serikat -186 negara

5.Belgia, Kanada, Denmark, Irlandia, dan Swiss-185 negara

Ini artinya warganegara Jepang dapat terbang ke 187 negara tanpa harus mempersiapkan visa nya terlebih dahulu. Hal ini membuat perjalanan internasional menjadi lebih murah dan mudah bagi warganegara Jepang dibandingkan warganegara lain. Negara Afghanistan merupakan negara yang paspor nya paling lemah-hanya dapat mengunjungi 30 negara tanpa visa.

Bagaimana dengan paspor Indonesia?

Di laporan ini Indonesia menempati peringkat ke 67 dunia dengan bebas akses tanpa Visa ke 71 negara. Dan merupakan negara yang mengalami kenaikan tertinggi, 12 peringkat dari nomor 79 dunia.

Umumnya negara yang makmur punya peringkat yang lebih tinggi bebas visanya, namun tidak berlaku untuk semua. Misalnya Spanyol dan Portugal yang tidak semakmur Australia, peringkatnya lebih tinggi. Malaysia yang kemakmuran nya dibawah Brunei, peringkatnya lebih tinggi. Bahkan Timor Leste yang kemakmurannya di bawah Indonesia, peringkatnya lebih tinggi, yaitu peringkat 52 dunia dan bebas visa ke 98 negara. Ada beberapa negara besar yang passport index nya di bawah Indonesia, yaitu Arab Saudi, Yordania, Tiongkok dan India

Peringkat lengkap The Henley Passport Index 2018.