Kemarin saya mengikuti Gathering di Kelapa Gading Jakarta Utara. Dari Bandung saya menggunakan transportasi umum yang berganti-ganti,  dari jam 6 pagi sampai 2 pagi hari berikutnya.

6 pagi dari rumah ke stasiun naik Gocar. Mobilnya Ayla. Tidak susah cari gocar pagi-pagi. Begitu order langsung ada yang merespon. Dapat Mobilnya untung2an/tidak standar. Paling sering Avanza/Xenia. Tarifnya murah,  12 ribu Rupiah,  ada diskon 2 ribu menjadi  karena pakai Gopay (deposit), untuk perjalanan 3,3 km ini.

6.30-11.50 kereta Argo Parahyangan dari stasiun Bandung ke Gambir. Karena ada gangguan persinyalan,  kereta yang seharusnya tiba pukul 09.50 mundur 2 jam. Beberapa penumpang panik karena keterlambatan ini (telat masuk kerja/janji ketemu klien). Gerbong ekonomi baru &   bersih 80 ribu. Sedangkan gerbong eksekutif sudah kusam 125 ribu. Saya sempat jumatan di masjid At Tanwir kompleks stasiun Gambir.

13.00-14.00 Trans Jakarta Gambir2-Cempaka Timur (bus no 2A/B),  sambung lewat jembatan 450 m, Cempaka Mas-Sunter Utara (bus no 10). Perjalanan yang cukup jauh dan menantang. Bus nya sih ok,  ber AC,  relatif baru.  Tapi menunggu di halte Cempaka mas yang terbuka dan polusi dalam waktu lama (25 menit) cukup bikin dekil dan bau asem. Tapi murah saja,  3500 Rupiah untuk jarak 13 km. Sebenarnya seharian dan berapa pun jaraknya,  naik bus ini juga sama tarifnya, asal tidak keluar halte.

14.30-14.45 Blue Bird. Dari Mall Artha Gading ke Mall Kelapa Gading yang berjarak 3,5 km dan macet ini Argo menunjukkan 21 ribu +parkir 3 ribu. Mereka ada pool di pintu masuk Mall,  jadi tidak perlu keluar komplek mall yg sedang hujan buat mengejar hemat naik Gojek/Gocar.

21.00-2.00 dinihari MGO. Pesan di aplikasi tiketux. Saya pilih MGO karena lokasi keberangkatannya ada yang dari dekat La Piazza/MKG1, 750 meter dari acara gathering. Banyak tempat makan dari berbagai daerah mulai rames sampai sate Afrika,  ada yang halal ada juga yang haram (bakuteh). Ada kemacetan di jalan tol,  sehingga Travel datang terlambat 30 menit,  begitu juga berangkat dan tiba di Bandung. Seharusnya jam 11.30 sampai,  aktual ya tiba jam 2 dinihari. Memang macet betul di tol sekitar Bekasi. Karena ada penyempitan seiring dengan proyek penambahan 2 jalur tol di kiri dan kanan existing tol. Travel nya sendiri OK.  Pakai Hyundai yang kursinya besar dan empuk/kursi presiden,  dan hanya ada 7 kursi penumpang,  kalau shuttle lain biasa isi 12. Dulu waktu masih bernama Cipaganti, tarifnya 150 ribu (tahun 2011), door to door. Sekarang 120 ribu drop di pool. Dengan hitungan inflasi ini jadi tetap terasa murah.

2.00-2.15 Taxi Cab. Taksi ini pool nya ada di MGO dan dilarang naik taksi online di tempat ini. Ya gpp lah,  berhubung sudah malam dan sepi, naik taksi ini saja. Toh berargo juga. Argo 21 ribu untuk jarak 4 km.  Kurangnya taksi bau jengkol,  mungkin pak sopirnya tadi makan malam jengkol.

Hari yang penuh warna dengan naik 6 alat transportasi yang berbeda. Paling murah naik trans Jakarta,  paling nyaman naik kereta api dan shuttle MGO