Jawaban saya : Ya. Lebih karena sumberdaya alam yang melimpah dan manusia yang sedikit, sehingga biaya tenaga kerjanya juga ikut meningkat.

Aura mahal mulai terasa sejak naik pesawat Jetstar (anaknya Qantas) dari Denpasar ke Melbourne. Berapa seporsi makanan di pesawat ? nyaris 250 ribu Rupiah/porsi. Coba bandingkan dengan Air Asia yang cuma 33500 Rupiah/porsi jika pre order. Artinya sekitar 8x lipat harga makanan yang terbang ke Australia dibandingkan harga makanan Air Asia Indonesia.adcost-jetstar-jq

Demikian juga saat balik dari Melbourne ke Singapura naik Scoot (anaknya Singapore Airlines)? ternyata 12 SGD (120 ribu Rupiah)/porsi. Lumayan, tak sampai 4x harga Air Asia, dan ada yang bersertifikat halal (Jetstar tidak ada yang bersertifikat halal)

scoot-hot-meal-halal

Makanan darat sangat banyak pilihan sebenarnya, tetapi saya belum sempat coba. Hanya KFC, Gozleme Turki, donat di Melbourne saja yang sempat saya coba makan. Selebihnya masak belanjaan di Coles yang paling selisih 20% dari harga di Indonesia, bahkan untuk produk asli sana seperti susu, sayur dan buah lebih murah di Australia. Mi Instan Maggie Cup 90 cent (9100 Rupiah). Tidak takut kelaparan. Buat yang muslim bisa mengecek di aplikasi supermarket Coles, ketika di mesin pencari Coles, ketik kata halal, maka muncul sekitar 400 produk bersertifikat halal yang dijual di Coles.