Tag

, , , , , , , , ,

Selama liburan kali ini kami menggunakan beberapa macam alat transportasi darat dan laut, antara lain :

1. Airport Coach di KLIA : ini adalah bus penghubung antara KLIA dengan KL sentral. Dengan tarif 10 Ringgit sekali jalan, atau 18 Ringgit untuk tiket pergi pulang. Ini adalah transportasi termurah jika di bandingkan taksi, KLIA Ekspres, KLIA Transit. Durasi waktu 1 jam melewati daerah sirkuit Sepang.

2. KL Hop On Hop Off : ini adalah bus keliling kota yang menawarkan transportasi tanpa batas 24/48 jam tergantung tiket yang dibeli. Go show untuk yang 24 jam harganya 45 Ringgit, beli online 40 Ringgit.

 

3. Metro Istanbul

dalam-metro

di dalam metro istanbul

 

Transportasi no 3-7 ini dikelola oleh pemerintah kota Istanbul. Bayar tunai 4 Lira(17 ribu Rupiah), jika bayar pakai Istanbulkart 2,15 Lira (9 ribu Rupiah), flat asal tak pindah alat transportasi. Misal jika kita menginap di Taksim, dari Ataturk Istanbul Airport perlu 2x naik Metro, totalnya sekitar 4,3 Lira (18 ribu Rupiah)

4. Tram Istanbul

stasiun-edirnekapi

tram Istanbul

Cara nyaman buat sightseeing Istanbul

5. Funicular

Ada di 2 tempat, yaitu Kabatas-Taksim dan Ortakoy-Tunnel. Menghubungkan 2 tempat yang beda elevasi atau terlalu menanjak jika ditempuh dengan jalan kaki.

6. Kereta gantung/teleferik : ada di daerah Eyup menuju kafe Pierre Loti, tempat nongkrong penyair Perancis yang turut berjasa terhadap Republik Turki. Dari sini dapat melihat pemandangan kota Istanbul dan selat Bhosporus. Sebentar saja naik dan turun dengan kereta gantung ini

7. Bus Kota : bila ingin melihat pemandangan di permukaan, ini opsi terbaik selain pakai tram, karena jangkauannya yang luas. Namun resikonya macet dan penuh pada saat jam sibuk. Dari Sabiha Gokcen ke Kadikoy bisa naik bis ini, E-10

8. Bus Havatas : ada 3 rute, yaitu Ataturk Airport-Taksim bertarif 11 Lira, Sabiha Gokcen Airport-Taksim 14 Lira, Sabiha Gokcen Airport-Kadikoy 9 Lira. Bus ini langsung ke tujuan, tidak mampir seperti bus kota.

 

9. Fery : untuk menyeberang ke Asia, bisa pakai Fery dari Eminonu ke Kadikoy. Untuk Fery Sehir Hatlari (punya pemerintah) bayar nya bisa pakai Istanbulkart 2,15 Lira (9 ribu Rupiah).

fery-sehir-hatlari

ferry Sehir Hatlari

10. Kereta api : ini kami gunakan untuk perjalanan dari Selcuk ke Bandara Adnan Menderes di Izmir. Cukup murah dan tepat waktu. Seperti kereta Medan-Kualanamu

tcdd-selcuk-adnan-menderes

kereta api selcuk-adnan menderes

11. Bus antar kota : ada beberapa yang terkenal seperti Pamukkale dan Suha. Kelebihannya kabin seperti pesawat full service, ada teh&kopi gratis, ada TV dan colokan listrik tiap kursi. Berguna buat yang mau menghemat penginapan dan mudah tertidur. Tarifnya tidak murah, kadang lebih mahal daripada pesawat. Kebetulan saya tipe susah tertidur di perjalanan, sehingga memilih naik pesawat dan menginap di hotel. Hanya dua kali naik bus antar kota, dari Goreme Capadocia ke Pamukkale, dan dari Pamukkale ke Selcuk, karena tidak ada penerbangan langsung.

bus-pamukkale

interior minibus Pamukkale

12. Shuttle airport

Cara cepat menuju hotel dari airport. Untuk transportasi kota kecil Kayseri-Goreme, ini adalah pilihan terbaik.

Bisa saya katakan transportasi darat di Turki sangat bagus. Terkoneksi. Biayanya memang lebih mahal dari umumnya transportasi darat di Indonesia, namun terbayar dengan kenyamanan yang dirasakan.