Tag

, , , , , ,

Barangkali ada traveller, backpacker yang perlu tiket gratis, khususnya Air Asia. Ada banyak cara untuk mendapatkannya , misalnya dengan mengikuti event Big Sale, Free seat yang diadakan beberapa kali dalam setahun oleh maskapai ini. Sambil menunggu event tersebut, bisa juga dengan mengumpulkan poin dengan berpartisipasi dalam survey yang diadakan Yougov yang bekerjasama dengan AirAsia.

Bagaimana caranya ?

  1. Buka akun di Yougov

Isi data, setelah itu pihak Yougov akan mengirimkan survey yang harus diisi secara rutin via email yang kita daftarkan. Bisa tiap minggu, 2 minggu sekali, tergantung dari pihak survey. Tiap survey ada poin nya. Setelah terkumpul  5000 poin, bisa ditukarkan dengan 2500 BIG Poin Air Asia ataupun dengan yang lain.

Yougov ini adalah lembaga riset dan konsultasi pasar global

yougov

  1. Buka akun Airasiabig

Di sini penumpang Air Asia yang sudah mempunyai nomor keanggotaan Airasiabig dan memasukkannya saat pembelian tiket, mereka akan mendapat BIG points (semacam mileage, miles, privilege di maskapai full service). Selain itu BIG points bisa diperoleh dengan menukarkan poin survey Yougov, poin konversi kartu kredit, poin reservasi hotel, maupun poin dari sewa kendaraan.

airasiabig

  1. Tukarkan

Saat event Big Sale dan Free Seat, biasanya anggota AirasiaBIG didahulukan seminggu beberapa hari sebelum non anggota, dan biasanya 0 poin. Namun event ini jarang, sekitar 2x setahun. Selain event tersebut, ada juga event final call yang diadakan tiap awal bulan. Untuk final call bulan Desember 2016 ini, dengan 500 poin bisa ditukarkan dengan penerbangan Jakarta-Surabaya, Jakarta—Singapura, Jakarta-Yogyakarta, Yogyakarta-Bali, Solo-Kuala Lumpur, Palembang. Ada beberapa jurusan lain yang memerlukan poin yang lebih besar. Untuk Air Asia Thailand juga sedang berlangsung event ini.

final-call-idfinal-call-th

Catatan : gratis terbang ini gratis tiket Air Asia nya saja, airport tax tetap bayar (mana ada yang gratis 100%, selain hadiah/undian/biaya dinas).hehehe.

Mungkin ada yang punya pengalaman lain? program semacam ini dengan maskapai lain?