Tag

Disarikan dari tulisan ALEX Greig, Penulis online di Qantas Insider yg mengutip saran Elina Winnel pendiri My Coach Sleep

Jika Anda tidak bisa tidur di pesawat, ikuti tips sederhana untuk tertidur di udara supaya saat tiba di tempat tujuan nya bermata cerah dan badan segar.

1.Ketika merencanakan perjalanan jarak jauh, pilih penerbangan malam-waktu alami lelah dan siap untuk tidur. 

2. Lakukan hidrasi – minum banyak air sebelum penerbangan daripada selama penerbangan, untuk menghindari bangun dan bolak balik ke kamar mandi.

3.Jika penerbangan yang memiliki beberapa tahap ganti pesawat, pilihlah penerbangan yang lebih panjang untuk tidur.

4.Pilih kursi yang sesuai dengan Anda – jika Anda mudah terganggu –pilih dekat jendela, tapi jika sering ke kamar mandi atau perlu untuk meregangkan kaki secara teratur untuk sirkulasi darah, pilih di gang/aisle.

5.Kenakan pakaian yang nyaman yang meniru kondisi tidur Anda di rumah, apakah memakai legging atau pakaian longgar. Bawa sepasang kaus kaki untuk menjaga kaki Anda hangat, dan selimut kecil menciptakan kehangatan dan lingkungan tidur yang nyaman

6.Berolahraga/beraktivitas sehari sebelum penerbangan untuk membuat tubuh lelah secara fisik sehingga mudah tertidur.

7.Untuk memastikan tidak terganggu selama penerbangan, bungkus makanan sendiri dan meminta pramugari untuk tidak membangunkan saat makan. Kafein dan alkohol pasti akan menghambat tidur. Jika tetap ingin makan, saat jeda snack dan makan berat sarapan, bisa digunakan untuk tidur. Bisa juga pasang alarm, pembagian sarapan biasanya 2 jam sebelum mendarat.

8.Pakai kit tidur yang terdiri tutup mata, penyumbat telinga dan bantal berbentuk U yang dapat di pakai mundur sehingga kepala tidak jatuh ke depan. 

9.Gunakan headphone noise-canceling atau mendengarkan musik gelombang otak yang tersedia di audio video tiap kursi, jika tidak ada, pasang musik pengantar tidur di handphone. Atau…

10.Menggunakan trik seni bela diri kuno jika tetap sulit untuk tidur, melihat pada sudut 45 derajat (melirik ke samping) dengan mata tertutup. Ini membantu menenangkan pikiran.

Selamat mencoba untuk tidur nyenyak di pesawat.