Tag

, , , , , ,

Ini saat yang ditunggu-tunggu para traveler, promo tiket pesawat online. Setidaknya ada 4 event promo tiket pesawat online dan 1 event pameran di Jakarta yang memberikan diskon spesial buat masyarakat, yaitu Qatar Airway, Etihad, Malaysia Airlines, Air Asia, dan Kompas Travel Fair

1&2 Qatar dan Etihad

Kedua maskapai timur tengah ini menawarkan promo tiket Kuala Lumpur- Amsterdam 5 juta PP, kalau sekali jalan harganya 4 jutaan. Harga yang lebih murah misalnya Kuala Lumpur-Istanbul Turki. Yang selalu menjadi pertanyaan adalah kenapa selalu lebih murah berangkat dari KualaLumpur daripada berangkat dari Jakarta?Dari Jakarta ke Amsterdam saya lihat 9 juta PP. Estafet Jakarta-Kualalumpur-Amsterdam masih worthed, karena tiket Jakarta-Kualalumpur sekitar 1 juta PP. KLM Belanda pun saat ini jual tiket 1,1 juta PP Jakarta KualaLumpur.

Kelebihan maskapai Qatar dan Etihad ini pelayanan dan fasilitas yang baik, masuk 10 maskapai terbaik dunia tahun 2016 dari Skytrax, semua makanannya gratis dan halal, hiburan TV touchscreen ada di tiap kursi, dapat bagasi gratis pula. Serupa maskapai terbaik kita Garuda Indonesia, namun saat promo ini harga hanya setengah nya.(entah kenapa Garuda Indonesia tidak pernah kasih promo spektakuler, mungkin positioning nya mengikuti Singapore Airlines yg promonya juga tak pernah spektakuler).Kekurangannya, untuk Qatar harus transit di Doha, sedangkan Etihad harus transit di Abu Dhabi.

Promo berlangsung hingga 9 September 2016.

3. Malaysia Airlines

Kelebihan maskapai ini adalah full service, gratis makanan halal, minuman dan TV. Kekurangannya adalah makanannya lebih sederhana dalam beberapa tahun terakhir ini. Bisa jadi karena efisiensi setelah peristiwa kelabu 2014 lalu. Kekurangan lainnya, selain ke Kuala Lumpur, semua harus transit dulu lewat KLIA

Penawaran hingga 5 September 2016 besok. Yang menarik di sini adalah tiket Jakarta-Kuala Lumpur 1,1 juta PP, tiket Jakarta-Hongkong (transit KL) 2,2 juta PP.

4. Air Asia

Untuk beberapa rute pendek penerbangan tahun depan, bisa didapat gratis biaya kursinya, namun tetap bayar airport tax bandara. Meski gratis layanan Airasia tidak sembarangan. Tak heran mereka mendapat penghargaan maskapai murah terbaik dunia 8x berturut-turut dari Skytrax. Safety nya tetap standar, dan akan banyak petugas Airasia di bandara (mulai dari tempat check in sampai di dalam pesawat) yang seolah-olah mengelu elukan penumpang. Cuma makanan, minuman, bagasi, pilih kursi harus bayar. Oh ya dengan program gratis kursi, seumpama kita batal terbang, airport tax kita akan dikembalikan. Yang penting jangan sampai check in online dulu meski sudah boleh check in online 14 hari sebelum keberangkatan. Kalau sudah check in, jika batal berangkat, tiket hangus, kecuali pihak Airasia yang membatalkan penerbangan tersebut.

Promo sedang berlangsung, untuk keberangkatan 6 Februari-28 Oktober 2017. Supaya lebih banyak untungnya, gabung saja membership Airasia Big yang masih gratis.

5. Kompas Travel Fair

Yang berlangsung sampai hari ini. Datang saja langsung ke lokasi, karena saya belum pengalaman beli tiket di pameran macam ini. Kebayang saja ramai dan antrinya.

Saran untuk yang berminat jalan jalan dengan harga murah dan informasi perjalanan lain dari para backpacker di Indonesia, bisa gabung ke grup Facebook : Backpacker Dunia, atau grup Backpacker Internasional. Di situ banyak anggota yang dengan senang hati berbagi pengalaman perjalanan dan informasi hunting tiket murah.