Tag

, ,

Air Asia adalah maskapai yang paling unik menurut pengalaman saya, uniknya dia bisa kasih gratis tiket dan cukup bayar airport tax buat member nya yang jeli.
Meski dalam satu penerbangan cuma 3 yang gratis (free seat) bukan berarti Air Asia tidak laku, justru penuh, sampai hot seat yang berbayar juga penuh pada penerbangan Senin siang lalu.
Ciri Air Asia adalah meski sering promo, petugas check in nya berseragam merah seperti pramugari. Ada mesin check in juga yang berwarna merah. Saat boarding juga ada petugas yang lengkap mulai di pintu boarding, memandu jalan ke pesawat, hingga yang mengecek di pesawat, semuanya berseragam formil dan profesional. Beda dengan singa terbang yang terkadang terkesan asal ambil karyawan.
Mungkin yang sebanding dengan Air Asia adalah kru Garuda Indonesia dan Citilink, dan juga Sriwijaya.
Ongkos yang kami keluarkan untuk 2 orang Bandung-Surabaya Senin lalu adalah
Airport tax Bandung 25.000 x 2 orang = 50.000
IWJR 10.000
Ppn 3.000
Biaya bayar pakai kartu kredit 22.000
Total = 85.000
Sudah termasuk bagasi 15 kg x 2 orang = 30 kg.
Karena pas makan siang, kami sekalian pesan via manage my booking member Air Asia, yaitu nasi kuning Manado dan nasi minyak Palembang masing-masing seharga Rp 40.000, ini lebih murah daripada beli langsung di pesawat yang harganya Rp 55.000/porsi. Selain itu kami juga pesan Sandwich berupa Chicken Panini, dan Frankster berupa hotdog masing-masing seharga Rp 30.000.
Total perjalanan Bandung-Surabaya hanya menghabiskan Rp 225.000 untuk berdua.
image

Perjalanan lancar meski boarding mundur 15 menit namun penerbangan on time pukul 12.20 tanpa kegaduhan sedikitpun.  Ada turbulensi sekitar 5 menit-mungkin di atas Bojonegoro, ketika pesawat menerobos mendung sangat tebal saat akan mengurangi ketinggian. Sebelum berangkat pramugara sebenarnya sudah mengumumkan cuaca mendung sehingga akan ada goncangan, sehingga kami sudah menyiapkan mental. Dan tiba dengan selamat di Surabaya pukul 14.00. Alhamdulillah. Proses bagasi juga cepat, begitu masuk ruang pengambilan bagasi, belt conveyor sudah mengangkut bagasi penumpang.