Tag

,

Bulan April 2016 ini kereta api mengadakan promosi tiket murah untuk berbagai jurusan seperti Bandung Jakarta, biasanya kelas eksekutif Argo Parahyangan termurah 100 ribu, turun menjadi 50 ribu.
Ada perubahan sistem ticketing, jika biasanya bisa langsung cetak di stasiun manapun begitu selesai pesan online, kini harus boarding di stasiun keberangkatan mulai 12 jam sebelum sampai jam keberangkatan.
Begitu pula kertas tiket, jika biasanya kertas tebal berkualitas, kini tiket lembar tipis semacam boarding pass Lion Air.
Mungkin yang dilakukan kereta api Indonesia adalah efisiensi berupa pengurangan peluang terjadinya pembatalan dengan ketentuan diharuskannya pembatalan dilakukan di stasiun keberangkatan. Dan efisiensi pada penggunaan kertas boarding pass yg lebih murah. Mesin printer tiket juga lebih maksimal penggunaan nya.
Mungkin akan jadi masalah jika printer atau komputernya rusak atau ada gangguan jaringan.
Dibanding kereta api jarak menengah (misal Senandung Sutera) Malaysia yang tiketnya bisa pakai print pembelian online tiket, ini masih ada biaya cetak di stasiun yang ditanggung kereta api Indonesia. Namun dengan kondisi penduduk Indonesia yang banyak, cara kereta api Malaysia ini kurang sesuai, karena memungkinkan adanya penumpang gelap.
Salut dengan inovasi kereta api Indonesia.