Tag

, , ,

Obligasi atau surat utang yang dalam bahasa Inggrisnya disebut bond, mempunyai keuntungan yaitu mendapatkan coupon yang umumnya diterima 6 bulan sekali, atau 2x setahun. Di Indonesia ada ORI (Obligasi Ritel Indonesia) dan SUKRI (Sukuk Ritel Indonesia) yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dan couponnya diberikan tiap bulan. Nilai coupon biasanya di atas nilai deposito, karena memang saat terbaik pemerintah untuk meluncurkannya adalah saat ekonomi baik, saat bunga/bagi hasil deposito rendah. Kalau tidak tentu masyarakat pilih deposito.
Umumnya coupon/kupon obligasi  ritel. saat ini sebesar 9%. Jadi kalau investasi di ORI/SUKUK sebesar, misal 100 juta, maka dalam 1 tahun investor mendapat kupon 9 juta sebelum pajak. Atau 750 ribu/bulan. Kalau invest 1 Milyar ya bisa dapat 7,5 juta/bulan sebelum pajak. Dan saat jatuh tempo (biasanya 3 tahun) pokok investasinya dikembalikan 100%.
Nah, bagaimana hubungannya dengan deposito?
Hubungannya adalah terbalik.
Jika suku bunga deposito tinggi maka harga obligasi akan turun, jika sama harga obligasi tetap, dan jika suku bunga deposito rendah harga obligasi akan naik.
Rumusnya begini:
Harga Obligasi : Kupon x 1/r x (1-(1/(1+r)^t) + Par Value x (1/(1+r)^T)
Par Value adalah harga awal
r adalah risk free atau suku bunga deposito.
Contoh : Obligasi seharga 1000 USD, jatuh tempo 30 tahun (atau 60x setengah tahun), punya kupon 4% per setengah tahun, sedangkan r atau anggap suku bunga  deposito 6% per tahun (atau 3% per setengah tahun), berapa harga  wajar obligasi tersebut dan apa sebaiknya yg dilakukan investor pemilik obligasi ?
Dari rumus di atas di dapat persamaan : 40 USD x (1/0.03) x (1-(1/(1+0.03)^60))+1000 x 1/(1+0.03)^60
: 1276 USD.
Jadi harga wajarnya adalah 1276 USD. Ini disebut harga premium, disebabkan kupon yg ditawarkan lebih tinggi dari bunga deposito. Jika dijual saat itu, potensi keuntungannya 276 USD atau 27,6%, sedangkan apabila menunggu sampai jatuh tempo 30 tahun investor akan menerima kupon 8%x30: 240% dari pokok. Bila berorientasi jangka pendek, jual saja saat ada yang mau beli sebesar 1276 USD. Sedangkan bila buat investasi jangka panjang atau buat pemasukan rutin tiap bulan-biasanya pensiunan, ya simpan sampai jatuh tempo.