Tag

, , , , ,

Tadi malam di XXI Cihampelas Walk saya sempatkan nonton film The Big Short yang dibintangi oleh Cristian Bale, Ryan Gosling, Brad Pitt dll.
Buat yg ingin tahu krisis subprime mortgage/krisis finansial 2007/2008 film The Big Short bagus untuk ditonton. Point of view nya ada temuan data2 kredit macet di sektor perumahan di US, yg disebabkan obligasi subprime mortgage yg direkayasa sehingga seolah layak dijadikan investasi, bahkan lembaga pemeringkat Standart & Poor mau dibayar untuk menutupi fakta/kasih nilai bagus untuk obligasi sampah. Akhirnya ketahuan juga dan berjatuhanlah saham yang terkait dengan subprime mortgage.
Fund manager very powerful people; di industri finansial ketiadaan regulasi dimanfaatkan benar2. Konsekuensi manajemen sangat minim. Orang yang bikin investor hilang milyaran USD dari satu transaksi masih dapat pesangon ratusan juta USD.
Yang paling rugi adalah investor (pekerja, pensiunan, pengusaha) yg sudah mempercayakan uangnya kepada fund manager, uangnya lenyap seketika. Ada juga makelar yang tak rugi apa2 tapi selalu dapat uang ketika subprime mortgage disetujui.
Ada buku kisah nyata (true story) yang menjadi dasar dari film ini.