Tag

, , , , , , , ,

Kali ini kami mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya di Bali, antara lain :
1. Pantai Tegalwangi (hidden Jimbaran) untuk melihat sunset. Cara mencarinya mudah, cukup ikuti panduan google maps, kemungkinan tersasar kecil. yang paling membingungkan mungkin ketika di Ayana Resort dan Spa ada belokan ke pantai yang tajam tak terlihat. Bila kebablasan-dengan ditandai ada gerbang Ayana, bisa balik kok. Datang ke sana tidak ada pungutan, hanya saat balik diminta karcis 5 ribu. Hati-hati karena kedepannya mungkin akan dibangun sehingga makin banyak bongkaran dan bisa jadi tertutup untuk umum. Ban kami sempat bocor di sini.

sunset @ pantai tegalwangi

sunset di tegalwangi (hidden jimbaran)

2. Jalan tol Bali Mandira untuk merasakan tol di atas laut sejauh 8 km dengan pemandangan kawasan Benoa. Ada hutan bakau, kapal pesiar, dan orang sedang bermain banana boat dan permainan air lainnya di sini.

tol bali mandira

tol bali mandira

3. Bali Zoo alias kebon binatang Bali, kebun binatang ini agak kecil. Bagi yang pernah ke Jatim Park, bisa dibilang mirip, namun dengan lingkungan yang lebih hijau. Untuk anak-anak sudah membuat mereka terhibur. Apalagi bisa kasih makan rusa, wallaby dan gajah dengan tambahan biaya. Binatang lain seperti harimau, buaya, owa jawa, jalak bali, aneka burung juga ada. Bila ada dana lebih bisa juga naik gajah, melalui rute yang berbeda. Ada miniapolis juga semacam waterboom kecil. Ada mushola di dekat parkir.


4. Terasering Jatiluwih yang dinominasikan masuk world heritage UNESCO. untuk mencapai kawasan ini agak sulit, lewat jalan kampung kombinasi dengan jalan propinsi yang mulus, sekalian lihat situasi kampung di Bali yang agak mistis saya rasakan. 1,5-2 jam dari Bali Zoo. Sawahnya sih biasa seperti daerah lain di Indonesia, namun dia berupa sawah di bukit. Mengagumkan buat yang jarang lihat sawah seperti bule2 itu. Sebenarnya kalau mau ini sudah dekat dengan Danau Beratan Bedugul, namun karena sudah sore dan ada rencana lain, kami balik saja ke arah selatan.


5. Kawasan Pantai Nusa Dua yang serupa dengan taman berkelas dunia. Kami tak sangka aksesnya mudah, meski harus melalui kawasan BTDC yang terdiri dari hotel ternama seperti Westin, Sheraton dll dan melalui pemeriksaan security, namun kami bisa menuju lokasi yang dituju dengan keyword googlemaps “waterblow nusa dua”, maka akan di arahkan sampai ke tempat parkir mobil dan motor. Setelah parkir kita bisa jalan kaki 750 meter ke arah pantai melalui taman dan lapangan besar yang ditata sedemikian menarik, mengingatkan kami akan KingsPark di Perth. Waterblow (gelombang samudera terjebak dalam celah karang dan akibat dorongan yang besar dia muncrat tinggi sekali) ada di ujung. Kami datang menjelang malam dan saat sunrise, saat dimana waterblow tidak terjadi, jika ingin melihat waterblow bisa datang tengah hari dimana ombaknya lagi besar2nya. Akses berupa track jogging yang sangat bagus dan terawat. Dari sini bisa kita susuri pantai milik hotel berbintang di sepanjang pantai Nusa Dua ini.


6. Kawasan Puja Mandala dimana tempat ibadah 5 agama berada dalam satu kawasan dan yang paling aktif masjidnya (Masjid Ibnu Batutah). Parkir cukup luas. Sore hari akan ketemu dengan anak2 yang sekolah agama Islam dan orang tua yang menunggu. Di sekitar banyak tempat makan halal ala Jawa Timur maupun Minang. Tampak harmonis hubungan antar umat beragama di sini.


7. Pantai Pandawa yang menghadap Samudera Indonesia. Ini adalah pantai yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten Badung. Untuk mencapainya banyak cara, salah satunya kami melalui kawasan kampus Udayana Nusa Dua lalu lewat jalan yang berbelok, naik turun jurang yang cukup rawan, sempat tersasar sekali karena kami semata mengikuti panduan googlemaps yang ternyata sebagian jalan lama diputus untuk resort. Sebaiknya padukan googlemaps dengan membaca sign yang terpasang di jalan yang cukup jelas. Jerih payah kesana terbayar oleh kecantikan dan kebersihan pantai di sana. Pasir putih, laut biru, ombak yang tidak besar dan relatif sepi (hari Selasa), banyak bule berjemur dan panasnya benar2 maksimal. Dan satu hal yang jarang ditemui di pantai di Indonesia adalah kebersihannya yang luar biasa, hanya ada sampah rumput laut segar yang terbawa air laut. Kalau mau, bisa dibawa pulang buat oleh2. Di sekitar ada resort jetset Banyan Tree, Bulgari. Jalan akses dekat pantai juga spektakuler yang memotong gunung batu dan ada patung tokoh Pandawa.


8. Beachwalk mall Kuta yang kekinian. Mall baru yang berlokasi di jalan pantai kuta dan juga bisa diakses lewat pintu belakang dari Poppies Lines 2 ini sangat menarik dikunjungi. Ada taman di tengah yang menarik untuk berfoto. Tenant yang jualan di sana juga bervariasi, rata2 merk ternama. Yang saya ingat ada Lego, Pizza Hut, Bebek Tepi Sawah, Studio XXI, Foodhall, Haagen Daz, Dairy Queen, kafe Betawi, aneka toko baju dll

sunset @beachwalk
9. Terminal domestik Ngurah Rai yang baru dengan desain dan pertokoan bandara terbaik di Indonesia. Layaknya mall di kota dan ditata menarik seperti Changi. Menurut saya penataan tenant ini lebih baik dari terminal 3 Soekarno Hatta, Kualanamu, Makassar, Balikpapan, Juanda Surabaya. Executive Lounge TG juga unik, serupa restoran di mall yang kekinian.