Tag

, , , , , , , ,

Perjalanan kali ini mengambil tema perjalanan santai, sightseeing (cuci mata), wisata kuliner, tetap stay tune online sehingga masih bisa berkomunikasi dengan klien meski dengan data, terlindungi asuransi perjalanan. Belanja juga hanya pernik-pernik souvenir dan sandal menggunakan sisa uang tunai Ringgit.
Urutan pengeluaran terbesar sampai terkecil berikut penjelasannya adalah sebagai berikut :
1. Transportasi (46%)
Dari Bandung ke Singapura tertolong oleh tiket promo Air Asia yang 562 ribu untuk 3 orang termasuk makan.Sedangkan yang lain (MRT, bus, monorail, LRT, tiket Malindo Kuala Lumpur Bandung) adalah tarif normal
2. Konsumsi (23%)
Terasa ada sedikit peningkatan harga makanan di Malaysia jika dibanding tahun lalu, sedangkan di Singapura tetap. Wisata kuliner di ayam tandoori pak Putra, asam pedas Limbongan, Chicken rice JB Sentral, sarapan di Noor Albanjari, makan siang di nasi kukus 70-an KL merupakan acara makan di warung. Sisanya makanan siap saji (7-11 Singapura,KFC Melaka,food court Rasa KLCC). Belanja bumbu juga masuk ke sini.
3. Akomodasi(17%)
Akomodasi dengan tarif setara bintang 3 di Indonesia, sudah dapat akomodasi yang sama di Malaysia.
4. Lain-lain (9%)
Terutama untuk data roaming internasional. Sebenarnya di Changi, KLIA2 dan hotel sudah ada internet gratis, namun selama perjalanan di kereta api, bus dan lokasi wisata tidak menemukan sinyal WIFI. Selain itu ada pengeluaran biaya asuransi dan pemakaian toilet umum.
5. Belanja (5%)
Paling kecil porsinya, karena hanya beli souvenir gantungan kunci di Pasar Seni, magnet kulkas di Melaka, magnet kulkas di KL Galery, sandal Fipper saat sepatu hilang di KL Sentral dan oleh2 sandal Fipper di KLIA2.
Itinerary dan biaya selengkapnya berikut ini :
Itinerary dan Biaya
Mengenai mata uang, berbekal 150 Dollar Singapura (100 SGD ambil di ATM UOB Changi,50 dari penukaran uang 500 ribu Rupiah di Changi) hanya terpakai 27.5 Dollar, sisanya 120 SGD ditukar ke 336 Ringgit, tarik tunai 300 Ringgit di ATM Maybank JB Sentral. Sisanya 2.5 SGD jadi souvenir
Secara mata uang 35% menggunakan Rupiah, misalnya tiket Air Asia Bandung-Singapura, hotel yang dipesan di Traveloka. Sedangkan 61% menggunakan Ringgit untuk pembelian tiket online Malindo, tiket online kereta Senandung Sutera, tiket bus dan biaya makan minum di Malaysia. Sisanya 4% menggunakan Dollar Singapura, untuk biaya MRT, makan siang dan bus ke Johor.
Mata uang
Dan gabungan keseluruhan pengeluaran dibagi jumlah hari (5 hari) dan orang (3 orang) didapatkan pengeluaran rata-rata (x1000 Rupiah) sbb :
Pengeluaran