Tag

Jika 10 tahun terakhir biasanya pulang mudik lebaran naik pesawat berhubung tinggal di luar pulau Jawa, kini sejak pindah ke Jawa, mudiknya juga ke Jawa menggunakan kereta api.
Berikut plus minus perjalanan lebaran kali ini :
Plus :
– Point to point
Ada kereta yang langsung dari Bandung ke Tulungagung dan dari stasiun sudah siap penjemput ke rumah sekitar 10 km dari situ. Biasanya kereta api menjangkau daerah yang jauh dari Bandara, sehingga menghemat waktu dan biaya.
– Murah
Tiket ekonomi pesawat dari Banjarmasin/Balikpapan ke Surabaya/Yogya saat lebaran sekitar 900-1500 ribu Rupiah, pesawat Bandung Yogya/Surabaya sekitar 600-1 juta, sedangkan kereta api eksekutif Bandung Tulungagung 500 ribu, Yogya 400 ribu.
– Nyaman
Nyaman bisa dari sisi di dalam kabin. Pesawat lebih sempit dan menegangkan terutama saat cuaca buruk. Kereta lebih lega dan santai. Untuk kelas bisnis kondisinya tak jauh beda dengan 10 atau 15 tahun lalu, kecuali kalau dulu pakai kipas angin sekarang pakai aircond. untuk ekonomi semua sudah pakai aircond sekarang ini dengan formasi 3-2, kecuali Malioboro ekspress 2-2.malioboro ekspress ekonomi
Sedangkan dari sisi konektivitas, kereta langsung ke kota yang dituju, sedangkan pesawat, dari bandara Juanda ke Kediri/Tulungagung atau kota yang jauh dari bandara harus berganti ke bus di terminal Bungurasih.
Disini kurang manusiawi, mirip hukum rimba, siapa yang kuat bisa masuk/naik bus sedangkan yang lemah (lansia) kasihan sekali bisa nunggu berjam2, sudah begitu bus jadi langka-jarang datang. Kadang harus datang ke pool nya di Sidoarjo.
Minus :
– lama, Bandung Yogya 8 jam, Bandung Tulungagung 14 jam. Pesawat ke Yogya 1 jam, ke Tulungagung 1,5 plus bus Harapan Jaya 5 jam.
– tak ada executive lounge, jadi kartu kredit Titanium maupun Platinum tak akan terpakai karena di stasiun tak ada executive lounge, tapi menurut saya makanan di restoran kereta api lebih lezat, variatif dan murah (25-35 ribu) daripada makan di executive lounge bandara yang berbayar 75 ribu dengan kartu kredit gold, silver maupun bayar cash.
Kesimpulan :
Kereta api adalah pilihan optimal dari sisi biaya, kenyamanan,dan akses ke rumah. Terimakasih kereta api.