Tag

, ,

Berhubung masa berlaku paspor tinggal 3 bulan, April lalu saya memperbarui paspor lama saya yang sebelumnya diterbitkan di Banjarmasin ke paspor baru di Bandung. Untuk pembuatan dan perpanjangan paspor sangat mudah, yang penting data yang diperlukan sudah lengkap. untuk pembuatan bisa dicari informasinya di http://www.imigrasi.go.id/

Adapun untuk perpanjangan, bisa offline maupun online. Untuk online bisa diakses di https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

untuk online ini yang disiapkan hanya

1.paspor lama, setelah mendapat paspor baru, paspor lama akan ditarik, namun jika memerlukan paspor lama misal untuk kenang-kenangan atau untuk mengurus visa ke negara yang memerlukan bukti kunjungan ke negara lain, dapat meminta paspor lama dengan cara membuat surat pernyataan pengambilan paspor lama, kita hanya perlu menyiapkan materai 6 ribu 2 lembar.

2.bukti pendaftaran online, saat pendaftaran online berhasil maka secara otomatis kita mendapatkan bukti pendaftaran yang dikirimkan ke alamat email kita waktu mendaftar. bukti pendaftaran ini selanjutnya kita  bawa ke bank BNI untuk dibayarkan biaya pembuatan atau perpanjangan passpor

3.bukti pembayaran, saat ini tempat pembayaran untuk pendaftaran online hanya di bank BNI. Sementara belum bisa pakai internet, sms dan e banking BNI, jadi harus datang ke teller. Setelah semuanya lengkap tinggal datang saja pada waktu yang sudah ditentukan (ada di lembar pendaftaran online)

Tips :

– saat pendafataran online pilihlah waktu yang kira2 tidak banyak orang mengakses web imigrasi, untuk mencegah kendala koneksi, atau jeda antara pendaftaran dengan jadwal pembuatan paspor. pengalaman saya saat hari senin mencoba akses, dapat jadwal ke imigrasi baru sebulan kemudian, namun saat jumat sore, dapat jadwal ke imigrasi hari Kamis minggu berikutnya, jadi pastikan timingnya tepat

– tempat parkir mobil imigrasi Bandung jl Surapati (Suci) terbatas, saat saya tiba jam 7 pagi (1 jam sebelum pelayanan) parkir sudah penuh, jadi parkir di sepanjang jalan Surapati, sedangkan parkir motor masih cukup tersedia. lebih mudah lagi naik angkot Cicaheum Ciroyom, karena angkot lewat depan kantor imigrasi ini.

– lebih disarankan daftar online,begitu berkas lengkap, datang jam 7.30 masih dapat tiket antrian dan bisa duduk di ruang tunggu. beda dengan yang offline harus antri berbaris (seperti antri sembako) sebelum jam pelayanan dibuka jam 8. jumlahnya pun dibatasi, percuma antri jika ternyata sudah melampaui kuota pelayanan hari itu.

-jangan takut misal lupa bawa materai, kurang fotokopi dokumen, belum sarapan. karena di belakang ada 2 tempat fotokopi yang juga jual materai, harganya pun standar. di dekat situ juga ada warung (pujasera) dengan berbagai menu dan harga yang wajar. toilet juga ada dekat situ.

Selama punya kartu tanda penduduk (KTP) warga negara Indonesia dan dokumen yang diperlukan lengkap, akan dilayani di kantor imigrasi manapun, tidak dibatasi oleh kota atau propinsi KTP kita.