Tag

, , , , , , , , ,

Salah satu cara mensiasati rasa penasaran kita terhadap suatu restoran yang ramai namun kita tak kunjung mencobanya takut kemahalan, takut tak sesuai dengan selera, atau meragukan kehalalannya adalah dengan membeli kupon di website diskon seperti Groupon (www.groupon.co.id), livingsocial, ogahrugi, lakupon dll. Yang paling banyak penawaran saat ini Groupon, entah kenapa Livingsocial makin surut dan kurang menarik penawarannya padahal disitu pertama kenal kupon sekitar 3 tahun yang lalu. Ketakutan2 di atas terjawab dengan kupon ini
1. Mahal?
Dengan kupon kita dapat penawaran diskon 50% dari harga normal. Harga normalnya bisa kita tahu dari link website yang ditampilkannya. Selain itu ada penjelasan singkat di web kupon profil dan range daftar harga tiap menu.
2.Rasa?
Biasanya kalau sudah ramai, makanan/minuman di situ pasti enak ya. Kenapa tidak dicoba?
Gak terlalu rugi kalau kurang cocok, toh kita bayar setengahnya.

3.Halal
Ini paling penting buat umat Islam, percuma makan enak kalau haram yang membuat ibadah kita 40 Hari tidak bernilai di mata Allah SWT. Kecuali kalau tidak ada pilihan lain yang halal (kayak orang kehabisan makanan halal di gunung Himalaya). Dari link kupon ke website restoran tersebut bisa dilihat profil, apakah restoran ini sudah bersertifikat halal, kalau tidak ada penjelasan bisa telpon atau email pengelolanya di nomor/alamat yang tertera. Bisa di googling, dicari di website MUI atau datang aja ke restorannya, beberapa jelas2 terpampang logo halal MUI.
Dari pengamatan dan pengalaman beberapa hari terakhir, saya coba beli kupon di Groupon untuk 3 restoran grup Champ Indonesia, yaitu Rachaa (steamboat Thai), BMK (Bakso Malang Karapitan) dan Platinum. Dimana promonya kupon 50 ribu senilai 100 ribu. Metode pembelian kupon di Groupon tinggal pilih resto, jumlah kupon, lalu bayar pakai kartu kredit, transfer internet banking atau melalui ATM. Kita perlu daftar akun dulu untuk menyimpan kupon yang akan kita cetak. Sesudah bayar kita bisa lihat kupon, lalu kita cetak dan bisa digunakan saat transaksi di restoran. Update terbaru bisa paperless, tunjukkan kupon yang ada di hp, nanti sama kasir akan diinput nomor kuponnya lalu dihapus kalau sudah kepakai.
Pengalaman makan di ketiga resto cukup memuaskan. Untuk Rachaa, kita pilih dulu sayur dan lauk yang akan kita rebus, daging yang akan kita panggang, aneka minuman, lalu antri bayar. Di sini kupon bisa digunakan. Tips saya, pilih sayur segar paket dengan lauk atau daging saja, jangan ikan2an/crab/bakso imitasi karena bentuk dan warnanya bermacam2 namun rasanya sama, tekstur kayak karet dan kita bisa cari barang yang sama persis dengan harga 1/3 di supermarket.
Untuk BMK, kita langsung duduk cari lokasi yang kita mau, lalu tulis yang akan kita makan, pegawai langsung perhitungkan berapa totalnya, kita kasih kupon plus uang cash kekurangannya. Tak lama pesanan datang, disusul bon dan uang kembalian. Dari 3 resto Grup Champ ini paling murah harganya, apalagi di Ciwalk dia lokasinya di lantai atas menghadap lapangan dimana Hari minggu lalu ada Cowboy Junior manggung. Sambil makan santai bisa nonton gratis tanpa harus desak-desakan dibawah.
Sedangkan di Platinum, kita pilih makan minuman dulu di tempat duduk, pesanan datang, selesai makan minum baru bayar. Di sini menunya kebanyakan steak. Posisinya persis di bawah BMK kalau di Ciwalk. Karena satu grup, saya rasa taste masakannya sama semua, enak, seperti tanpa vitsin yang biasanya kerasa setelah makan, dan paling penting halal. Oh ya, ada satu lagi resto Grup ini di Ciwalk, namanya Gokana, itu yang jual ramen Jepang dengan aneka level kepedasan. Pernah coba sebelumnya sih tanpa pakai kupon, enak dan halal, terjangkau pula. Bisa dicoba. Yummy