Tag

,

Dulu, agak sulit beli emas batangan Logam Mulia. Saking langkanya, karena waktu booming harga emas di tahun 2011 di seluruh kota Banjarmasin sulit menemukan toko emas yang jual emas LM ini. Mungkin sedang trend berkebun emas, ditopang harga batubara yang sedang tinggi-tingginya waktu itu, sehingga investasi apapun laku di provinsi yang kaya batubara ini. Untuk dapat emas, terpaksa harus beli di Jakarta, tepatnya di toko aneka logam (www.anekalogam.com) di Mall Artha Gading (MAG) Jakarta Timur yang selalu tersedia dengan harga lebih murah daripada harga di http://www.logammulia.com untuk ukuran 25 gram ke atas. Saat itu logam mulia (anak usaha Aneka Tambang Tbk) baru buka di Pulogadung dan Surabaya.

Kini LM sudah bisa didapatkan di beberapa kota di Indonesia, tak kurang 11  kota yang sudah ada butik Logam Mulia (LM) (http://logammulia.com/home-id.php). Harga bervariasi, dan tentu harga di pusatnya yang di Pulogadung tetap yang paling murah diantara butik LM.

Syarat pembeliannya mudah sekali, tinggal bawa KTP, lalu diinput oleh Butik LM data kita, lalu kita sampai beli yang berapa gram dan bayar. untuk pembayaran cash maksimal 5 juta, kalau gesek tergantung kartu (ketentuan bank), misal kartu gold bank Mandiri maksimal 50 juta Rupiah (saat ini). Bisa gesek di tempat atau transfer via internet banking, mobile banking, sms banking atau transfer via ATM.

Tinggal siapkan saja dana kita. Kalau berdasar pengalaman, harga emas sempat melejit di 1700 USD per troy ounce (31 gram) di tahun 2011, karena kurs USD waktu sekitar Rp 9000 maka harga emas Rp 495 ribu/gram. kemudian turun terus, baru kelihatan naik tahun 2014 saat kurs Rupiah jatuh ke Rp 13000 per USD. Secara USD harga emas 1200 USD/31 gram, namun dalam Rupiah harganya sudah Rp 505 ribu/gram.

Tahun 2011 memang emas terasa overprice(harga sudah ketinggian) dimana investor dan spekulator beralih dari USD ke emas gara-gara kredit macet di Amerika. Sebagai pembanding adalah saat hari raya kurban tahun 2011 harga kambing layak kurban Rp 1,3 juta, padahal mengacu zaman nabi Muhammad SAW harga kambing layak kurban harga 1 Dinar (4.25 gram emas = Rp 2,13 juta). Kini harga sudah relatif normal, karena harga kambing layak kurban sudah di atas 2 juta atau setara dengan 1 Dinar. Secara pribadi, harga kambing 1 Dinar zaman nabi dengan sekarang bisa menjadi acuan apakah emas overprice, underprice atau normal.