Tag

,

Pray for QZ8501

Banyak cara ke Bandung saat ini, bisa menggunakan pesawat langsung, kereta api, travel/minibus dan bus. Kali ini saya membahas transportasi menggunakan bus Primajasa. Pool bus Primajasa ada di terminal 1B dan 2F sehingga jika dari terminal lain (1A,1C,2D,2E,3) harus ke terminal tersebut menggunakan shuttle bus gratis kuning yang ada di setiap terminal.

Tarif terkini adalah 115 ribu Rupiah, termasuk bagasi 20 kg dan sebotol air mineral 300 ml. Sebelum berangkat dilakukan doa bersama agar selamat sampai tujuan (sebelumnya-2 tahun lalu tidak ada). Tadi malam kami berangkat menggunakan bus jam 8 malam dan dijadwalkan tiba di terminal pasar modern batununggal jam 11 malam. Aktualnya tiba jam 11.01 menit. Luar biasa menurut saya, karena pengalaman di Jepang bulan lalu di sana juga tak selalu tepat waktu, kadang telat 1 menit, 5 menit bahkan 45 menit seperti saat berangkat ke gunung fuji.

Kabin bus juga  baru, hanya sayang asap rokok dari smoking room masuk ke ruang non smoking-tidak kedap. Overall, sudah lebih baik. Semoga semakin baik.

Untuk yang tinggal di Dago bisa memperhitungkan tambahan naik taksi yang sekitar 60 ribu. Bisa lebih murah naik Cititrans, Xtrans atau Cipaganti.